Hari Sumpah Pemuda, Kemendikbud: Salam Persatuan!

Maghfira Nursyabila, Okezone · Senin 28 Oktober 2019 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 65 2122523 hari-sumpah-pemuda-kemendikbud-salam-persatuan-yEL2MpKJ2J.jpg Sumpah Pemuda (Foto: Okezone.com/Kemendikbud)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut dengan gembira hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019. Pasalnya, Kemendikbud mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda melalui unggahan foto di Instagram resminya.

Kemendikbud memaknai hari Sumpah Pemuda ini dengan penuh rasa nasionalisme dan persatuan Indonesia.

 Baca juga: 91 Tahun Sumpah Pemuda, Jokowi: Mari Bergandengan Tangan Menggerakkan Indonesia

"Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia," seperti dikutip dalam keterangan foto di Instagram @Kemendikbud, Senin (28/10/2019).

 Sumpah Pemuda (Kemendikbud)

Dalam postingan tersebut juga banjir komentar dengan mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda dari warga Instagram yang juga turut merayakan. Berikut beberapa cuitan netizen:

@n*r*id*a*t*i: “Selamat hari Sumpah Pemuda min , ttp semangat ya”

@i*o*s*i_: “Selamat hari Sumpah Pemuda min”

 Baca juga: KPK: Esensi Sumpah Pemuda adalah Kesamaan Visi-Misi Rakyat Indonesia

@*ung*ar*fl**er: “Selamat hari Sumpah Pemuda anak anak bangsa Indonesia”

Sebagai informasi, Pada 27 Oktober 1928, digelar kongres pemuda II yang menghasilkan keputusan penting yakni sumpah pemuda. Sumpah Pemuda diikrarkan oleh para pemuda yang menegaskan cita-cita 'Tanah Air Indonesia', 'bangsa Indonesia', dan 'bahasa Indonesia' tepat pada 28 Oktober 1928 atau sehari setelah kongres pemuda II.

Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres Pemuda II hari pertama digelar di Gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik) dan hari kedua di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14).

Kongres pemuda II yang kemudian dikenal dengan tujuan Sumpah Pemuda memiliki maksud yakni melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, memperkuat kesadaran kebangsaan Indonesia dan memperteguh persatuan Indonesia.

Asal tahu saja, Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini