Seru! Mahasiswa Unpar Dapat Pembekalan soal Dunia Digital

Oris Riswan, Okezone · Rabu 23 Agustus 2017 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 65 1761277 seru-mahasiswa-unpar-dapat-pembekalan-soal-dunia-digital-CsPmAly3X3.jpg Foto: Oris Riswan/Okezone

BANDUNG - Keseruan terlihat dalam kuliah umum bertema 'Digital Era Digital Generation' di Kampus DIII Manajemen Perusahaan Universitas Katolik Parahyangan Jalan Aceh No 53-55 Bandung. Lebih dari 100 mahasiswa hadir untuk menyerap ilmu dari para pembicara.

Pembicara yang hadir adalah Executive Vice Presiden of Linktone Indonesia Rendy Usman dan Corporate Communication PT Telkom Indonesia Nike Yosephine.

Keduanya sama-sama memaparkan tentang perkembangan dunia digital dari berbagai sisi. Salah satunya adalah soal jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini.

"Kita termasuk rising star pengguna internet di dunia karena kita penduduknya banyak," kata Rendy.

Ia mencontohkan pengguna internet di Indonesia mencapai 72-82 juta orang, pengguna sosial media 74 juta orang, dan pengguna mobile connection mencapai 308 juta. Untuk mobile connection, jumlahnya jauh lebih banyak karena saat ini banyak orang yang memiliki gawai lebih dari satu unit.

Rendy pun mengupas bagaimana perkembangan dunia digital dari masa ke masa. Ia juga memberi pengetahuan kepada para mahasiswa berdasarkan pengalaman dan realitas di dunia kerja.

Harapannya, apa yang disampaikan bisa bermanfaat untuk para mahasiswa di kemudian hari. Sehingga mereka tidak hanya paham soal perkembangan dunia digital secara teori.

Sementara Nike juga memaparkan hal serupa. Ia menjabarkan bagaimana perkembangan pengguna internet dan dunia digital di Indonesia yang cukup melesat dalam waktu singkat.

Di luar pengetahuan soal dunia digital, ia memberi pelajaran penting bagi para mahasiswa. Ia mengajarkan bahwa dunia kerja itu tidak melulu harus sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Ia menanamkan bahwa masa-masa kuliah adalah saatnya menimba ilmu. Selain itu, ada hal lain yang jauh lebih penting. "Ketika kuliah, kita itu sedang membentuk pola pikir," ucap Nike.

Ia pun mencontohkan dirinya sendiri. Memiliki latar belakang kuliah jurusan Hubungan Internasional, ia justru terjun menjadi reporter televisi lokal di Jakarta pada awal kariernya. Ia kemudian pindah ke stasiun televisi swasta nasional hingga akhirnya bekerja di Telkom.

Kepala Pemasaran Universitas Katolik Parahyangan Dianta Hasri mengapresiasi apa yang disampaikan oleh para pembicara. Ia berharap para mahasiswa bisa memetik pelajaran penting sebagai modal untuk di dunia kerja kelak.

"Ini bukan pelajaran text book. Mereka (pembicara) adalah tokoh-tokoh yang baik dan berpengalaman di bidangnya masing-masing," tutur Dianta.

Sementara selain sesi pemaparan, dalam kegiatan itu juga digelar sesi tanya-jawab. Antusiasme para mahasiswa pun terlihat. Mereka banyak yang bertanya tentang berbagai hal seputar dunia digital. Sebelum sesi kuliah umum diakhiri, para pembicara dan mahasiswa melakukan sesi foto bersama.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini