Share

Dua Tipe Fresh Graduate yang Dicari Perusahaan

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Jum'at 20 Mei 2016 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 20 65 1393777 dua-tipe-fresh-graduate-yang-dicari-perusahaan-WtgVLB8E2p.jpg Ilustrasi: Shutterstock

DEPOK - Para mahasiswa semester akhir ataupun yang baru saja lulus wisuda pasti sudah mengambil ancang-ancang mencari kerja. Namun banyak pula perusahaan yang sengaja datang ke kampus mencari mahasiswa untuk direkrut.

Ternyata ada dua tipe fresh graduate yang diinginkan perusahaan dan paling dicari. Mahasiswa cerdas dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, tentu tidak usah cemas sulit mendapatkan pekerjaan. Bahkan, perusahaan sudah meminta pihak kampus memilih mahasiswa terbaik tiga sampai empat bulan sebelum lulus.

"Mereka yang dari perguruan tinggi top pasti sudah diinden dari jauh-jauh hari. Gampang saja untuk yang ini, tenang pasti dapat kerja," ungkap Country Manager Jobstreet.com Indonesia, Faridah Lim, Jumat (20/5/2016).

Kategori kedua, kata Faridah, adalah mahasiswa yang lulus dengan nilai IPK standar atau biasa. Namun kebanyakan dari mereka takut atau tidak percaya diri bakal diterima perusahaan.

"Untuk tipe ini banyak perusahaan melakukan pendekatannya dengan menggelar job fair di kampus. Tipe ini menganggap cari kerja susah, enggak punya pengalaman, lalu IPK biasa saja. Pandangan itu enggak benar, karena banyak perusahaan yang memang speasialis mencari fresh graduate," jelas Faridah.

Faridah menegaskan, mahasiswa sebaiknya memperbanyak jejaring atau sumber informasi pekerjaan ataupun dari teman terpecaya. Hal lainnya, kata dia, fresh graduate harus mempercantik CV dengan berbagai pengalaman dan kemampuan mereka.

"Enggak usah takut cari kerja, fokus saja di lowongan yang memang mencari fresh graduate. Cari dari sumber yang benar. Pada saat melamar, perhatikan CV. Tulis yang lengkap, update, dan tidak asal-asalan. Ada hal yang bisa 'menjual' yaitu skill yang kita miliki dan pengalaman organisasi kemahasiswaan," paparnya.

Terakhir, saat diterima ataupun mendapatkan panggilan, para pencari kerja harus memenuhi jadwal wawancara. "Jika dihubungi wajib datang. Sederhana, sebenarnya. Intinya melamar kerja jangan asal, harus serius dan relevan. Cari yang sesuai bidang minat dan passion," tandas Faridah.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini