Share

Kampus Hijau Dunia, Kado UI untuk Anak Cucu

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Jum'at 22 Januari 2016 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 22 65 1294869 kampus-hijau-dunia-kado-ui-untuk-anak-cucu-QZlCQ6nHJP.jpg Konferensi pers UI GreenMetric 2015. (Foto: Marieska HV/Okezone)

DEPOK - Universitas Indonesia GreenMetric mengumumkan Peringkat Kampus Hijau Terbaik di Dunia tahun 2015. University of Nottingham (total skor 7,267.00) menjadi kampus hijau terbaik di dunia, diikuti University of Connecticut (skor 7,156.00) dan peringkat tiga diraih oleh University of California, Davis (skor 7,134.00).

Sedangkan, predikat kampus terhijau di Indonesia berhasil diraih oleh Universitas Indonesia yang menduduki peringkat 33 di dunia (skor 6,157.00). Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia juga berhasil masuk dalam 100 besar dunia yaitu Institut Pertanian Bogor (skor 6,130.00) di peringkat 36, diikuti Universitas Diponegoro (skor 5,989.00) di peringkat 45.

"UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Ini untuk Indonesia dan untuk anak cucu generasi selanjutnya," kata Anis kepada wartawan, Jumat (22/1/2016).

Menurut Anis, perguruan tinggi dunia sangat antusias berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric Ranking of World Universities dari 360 perguruan tinggi di 62 Negara pada 2014 menjadi 407 perguran tinggi dari 65 negara pada 2015. Terdapat pula beberapa negara yang baru bergabung pada 2015, seperti Bangladesh, Irak, Spanyol, El-Salvador dan Australia.

Anis menilai, sudah saatnya UI sebagai institusi akademis juga turut berkontribusi dalam emisi gas rumah kaca (GRK) dari kegiatan akademik sehari-hari. Kampus turut bertanggung jawab dan mengetahui berapa emisi GRK yang telah diproduksi per tahun.

"Dengan demikian kita bisa mengambil langkah-langkah preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim. Diharapkan melalui UI GreenMetric ini, UI sebagai universitas dapat menjadi pelopor dalam upaya untuk menanggulangi perubahan iklim. UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trendsetter," papar Anis.

Ketua GreenMetric UI Riri Fitri Sari menyampaikan, sistem perangkingan UI GreenMetric juga telah menambahkan sejumlah kriteria yang terkait dengan konservasi air; perhitungan carbon footprint dari sektor energi dan perubahan iklim, dan transportasi; serta penyesuaian penilaian (scoring) dan pembobotan (weighting) untuk setiap kriteria.

"Nilainya berbeda karena tahun ini kami masukan carbon footprint dalam penilaian," jelasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini