Film, Cara Asyik Belajar Sains

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Selasa 11 November 2014 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 11 65 1064044 film-cara-asyik-belajar-sains-mefbPkpoiF.jpg Ilustrasi: siswa SMA sedang praktik ilmu sains. (Foto: dok. Atmajaya Science Fair)

JAKARTA - Film memudahkan kita belajar banyak hal. Salah satunya, sains. Konsep ilmiah dalam ilmu pasti ini pun enggak rumit lagi untuk dipahami.

Nah, melalui film pula, kita bisa mencari jawaban atas banyak pertanyaan menarik seputar ilmu pengetahuan. Film membuat sains tidak lagi membosankan.

Misi inilah yang diusung Goethe Institute dalam kegiatan tahunan mereka, Science Film Festival (SFF). Festival tersebut mengampanyekan ilmu pengetahuan sebagai sesuatu yang informatif, mendidik dan menyenangkan.

Tahun ini, SSF mengangkat tema "Teknologi Masa Depan". Menurut Direktur Program Goethe-Institut Indonesien Katrin Sohns, belajar tentang penemuan-penemuan baru dan apa yang bisa kita harapkan di tahun-tahun mendatang itu sangat penting dan menarik. Misalnya tentang seberapa jauh teknologi akan maju dalam puluhan tahun dari sekarang dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan kita?

"Teknologi ini mungkin bisa membantu untuk membuat hidup kita lebih mudah, bagaimana mendapatkan pemahaman yang lebih besar terhadap planet kita, dan mudah-mudahan ‘Teknologi Masa Depan” ini akan mengatasi tantangan yang dihadapi planet kita," ujar Sohns, seperti dinukil dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Selasa (11/11/2014).

Sementara itu, Mendikbud Anies Baswedan menyebut, menguasai "Teknologi Masa Depan" adalah sebuah keniscayaan. "Dan dengan berpegang teguh pada prinsip integritas dan kemanusiaan, maka teknologi itu akan membawa dan menjaga terwujudnya peradaban luhur," imbuhnya.

SFF akan dihelat pada 13-28 November 2014. Festival ini akan menampilkan berbagai film bertema sains yang dikemas secara menarik untuk anak-anak usia 9-14 tahun.

Dalam penyelenggaraannya, ada 15 film dari Asia, Eropa, Amerika Utara dan Selatan yang akan diputar di 37 kota di Nusantara. Selain menyaksikan film, para pengunjung SFF juga bisa mengikuti berbagai eksperimen ilmiah sesuai film yang diputar.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini