Share

Mahasiswa UNS Rintis Siebook.id, Membentuk Literasi Membangun Negeri

Natalia Bulan, Okezone · Senin 28 November 2022 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 65 2716096 mahasiswa-uns-rintis-siebook-id-membentuk-literasi-membangun-negeri-V8qCseO9dx.jpeg Mahasiswa UNS merintis siebook.id/Istimewa

JAKARTA - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Iin Mutmainah merintis komunitas sosial bernama siebook.id.

Siebook.id merupakan komunitas sosial yang berfokus pada pendidikan bagi anak kurang mampu dan memberikan edukasi literasi untuk masyarakat Indonesia.

Siebook.id hadir untuk turut berkontribusi bagi Indonesia sesuai yang diamanatkan pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Awal Mula Membentuk Siebook.id

“Awalnya mendirikan siebook.id karena ada beberapa anak yang aku ajar di Taman Pendidikan Alquran (TPA) ternyata putus sekolah. Ketika aku travelling ke berbagai daerah aku juga banyak menemui anak mengamen di jalanan yang putus sekolah. Selain itu, aku melihat masih ada ketimpangan pendidikan di berbagai daerah. Aku sendiri asalnya dari Kalimantan Timur, kemudian orang tua dari Nusa Tenggara Barat (NTB), jadi pas ke Jawa terasa sekali perbedaannya. Pendidikan di Jawa lebih kompetitif dan maju. Serta seperti yang kita ketahui bersama juga kalau pendidikan di Indonesia itu cukup tertinggal dengan literasi bacanya yang rendah,” tutur Iin, Senin (28/11/2022). 

 BACA JUGA:Dosen Farmasi UNS: Pastikan Keamanan Obat Lewat KLIK

Lebih lanjut, siebook.id juga lahir karena didapati daerah didekat UNS tidak memiliki guru untuk pengajaran TPA dan bimbingan belajar gratis.

Selain itu, terdapat beberapa anak yang kami ajar mengalami putus sekolah. Kami juga melihat data minimnya literasi pendidikan di Indonesia yang membuat miris, dan juga pendidikan yang masih tertinggal di beberapa daerah pelosok Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Maka berangkat dari situlah, Iin berpikir mereka yang putus sekolah dan tak berkesempatan mengenyam sekolah formal barangkali bisa mendapatkan ilmu lewat buku-buku serta pengajaran TPA dan bimbingan belajar gratis.

Setelah ide ini muncul, Iin kemudian pitching ke teman-teman, dan mendapatkan sambutan positif.

Dari situ terbentuklah tim inti siebook.id itu yang terdiri dari Kepala Content Creator, Amelia Rahma dari mahasiswa Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) UNS, Kepala Public Relation, Aina Mardiyah dari mahasiswa Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi (SV) UNS, dan Kepala Pengajar, Siti Rizqina dari mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS.

“Kami menyadari bahwa masih banyak yang perlu dibenahi pada pendidikan di Indonesia, mulai dari rendahnya literasi masyarakat Indonesia, masih banyak anak putus sekolah sampai rendahnya pemerataan pendidikan di Indonesia. Maka, siebook.id hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kami hadir untuk turut berkontribusi bagi Negara Indonesia melalui hal-hal kecil disekitar kami,” tambah Iin.

Sementara itu, Iin juga mengungkapkan bahwa tujuan pendirian siebook.id untuk, meningkatkan literasi masyarakat Indonesia lewat buku, buku menjadi mudah diakses untuk semua kalangan, tanpa keberatan soal harga, dan mengurangi jumlah anak yang putus sekolah dengan memberikan ilmu yang kita punya dari sekolah atau kuliah.

Suka Duka Membangun Siebook.id

“Sukanya bisa melihat kebahagiaan anak-anak, bisa membantu menyekolahkan mereka yang putus sekolah, bisa membagikan ilmu yang kita punya secara langsung atau melalui sosial media, dan bisa memberikan manfaat untuk anak-anak kurang beruntung di sekitar kita. Apalagi mendengar rasa terima kasih mereka karena kehadiran kita yang dianggap sangat membantu,” tutur Iin.

Sedangkan untuk dukanya terkadang sulit untuk mencocokkan jadwal diantara tim inti ataupun volunteer karena masing-masing juga memiliki kesibukan yang lain.

Iin pun berharap siebook.id bisa berkontribusi lebih besar dan lebih luas lagi untuk meningkatkan literasi masyarakat Indonesia melalui buku dan mengoptimalkan pendidikan bagi anak kurang mampu.

“Untuk sekarang memang baru bisa membantu menyekolahkan 2 orang, namun untuk selanjutnya harapan kami bisa memberi lebih banyak beasiswa ke lebih banyak anak lagi. Kalau sekarang baru bisa memegang 1 tempat binaan untuk pengajarannya, semoga nantinya kami bisa membuka tempat binaan di beberapa tempat di Solo atau mungkin di kota-kota lain,” urai Iin.

Terakhir, Iin pun turut mengajak bagi mahasiswa UNS yang ingin mengetahui lebih mendalam terkait siebook.id bisa mengunjungi akun Instagram di @siebook.id serta melalui websitenya di www.siebook.id.

“Dari sekian banyak nikmat yang sudah Allah kasih, apasih yang bisa kita bagi untuk orang lain? Dari sekian banyak modal yang sudah Allah kasih berupa waktu, kesehatan, uang, ataupun tenaga, kontribusi atau dampak positif apasih yang bisa kita hasilkan atau berikan? Jadi bukan tentang kita, kita dan kita. Tapi tentang kita dan orang di sekitar kita. Pada akhirnya semuanya ditujukan sebagai rasa syukur atas nikmat yang sudah dikasih. Jangan takut untuk membuat kebaikan kecil disekitar kalian ya, karena kan semua yang besar juga di awali dari hal-hal kecil,” pungkas Iin.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini