Share

3 Jurusan Sepi Peminat di Fikom Unpad dengan Prospek Kerja Potensial

Alifia Gita Riani, Litbang Okezone · Sabtu 26 November 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 65 2714941 3-jurusan-sepi-peminat-di-fikom-unpad-dengan-prospek-kerja-potensial-GaacclT9wx.jpeg Unpad/Dok. Unpad

JAKARTA - Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran (Unpad) memang sangat diminati oleh banyak mahasiswa baru karena prodi tersebut memiliki akreditasi yang bagus.

Namun, ada beberapa prodi di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad yang sepi peminat, padahal prodi tersebut dinilai memiliki prospek kerja yang potensial. Berikut daftarnya.

1. Ilmu Perpustakaan

Program Studi Ilmu Perpustakaan di Fikom Unpad tergolong memiliki peminat yang cukup sepi.

Pada 2021, peminat di program studi Ilmu Perpustakaan Unpad sebanyak 574 orang, sementara daya tampung 2022 berjumlah 30.

Di era modern sekarang ini banyak prospek kerja yang menantikan lulusan dari ilmu perpustakaan.

Sebab banyak perusahaan yang memerlukan spesialis untuk mengelola dan menata data mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan cukup bagus, seperti staf administrasi, juru arsip, analis metadata, data administrator, document control specialist, dan sekretaris redaksi penerbit.

2. Jurnalistik

Program Studi Jurnalistik di Fikom Unpad tergolong memiliki peminat yang cukup sepi.

Pada 2021, peminat di program studi Jurnalistik Unpad berjumlah 653 orang dan untuk daya tampung 2022 berjumlah 35.

Padahal mahasiswa prodi ini ketika lulus nantinya akan memiliki pengetahuan jurnalistik, pengetahuan tentang konsep penelitian sosial, serta kemampuan berkomunikasi dan melek teknologi untuk mengoptimalkan praktik jurnalistik.

Prospek kerja dari prodi ini juga sebenarnya dinilai bagus karena seorang jurnalis akan dibutuhkan bagi sebuah perusahaan media.

3. Hubungan Masyarakat

Program Studi Hubungan Masyarakat di Fikom Unpad juga bisa dikatakan sepi peminat. Pada 2021, peminat di program studi Hubungan Masyarakat Unpad sebanyak 760 orang dan untuk daya tampung 2022 berjumlah 30.

Lulusan prodi Hubungan Masyarakat memiliki prospek kerja yang sangat luas. Banyak organisasi atau perusahaan yang membutuhkan tenaga Humas atau Public Relation (PR).

Biasanya perusahaan membutuhkan seorang humas untuk mengelola hubungan komunikasi antara perusahaan dengan orang-orang di luar perusahaan (eksternal) seperti masyarakat, pemerintah, investor, dan sebagainya.

Lulusan dari prodi ini juga dapat berkarier di bidang event organizer, konsultan kehumasan, MC, dan sebagainya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini