Share

10 Semut Paling Besar di Dunia, Punya Gigitan 'Tembakan Peluru'

Cita Zenitha, MNC Portal · Selasa 08 November 2022 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 624 2703028 10-semut-paling-besar-di-dunia-punya-gigitan-tembakan-peluru-1gpcbLl1w6.jpg Ilustrasi (Foto:iStock)

JAKARTA- 10 semut paling besar di dunia buat bulu kuduk merinding. Tidak hanya berukuran besar, tetapi jenis semut ini juga memiliki gigitan yang sangat mematikan. Mereka bahkan bisa membunuh koloni semut lain.

Sebagai serangga sosial semut mendiami habitat yang cukup luas mulai dari daratan hingga pesisir. Setidaknya, terdapat 12 ribu spesies serangga yang masuk kedalam ordo Hymenoptera dan family Formicidae.

Setiap spesies semut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa yang ukurannya lebih besar dari yang terbayangkan selama ini.

Setidaknya ada 10 semut paling besar di dunia yang ukurannya melebihi semut pada umumnya

Dilansir dari AZ Animal :

10. Formica Fusca

Koloni semut formica fusca banyak mendiami pepohonan yang telah busuk. Tak jarang mereka ditemukan di pagar tanaman. Jenis formica fusca dewasa mampu mencapai ukuran 0,7 cm. Semut berwarna hitam ini tersebar diseluruh wilayah Afrika, Eropa, dan Asia.

Follow Berita Okezone di Google News

9. Green Ant

Green ant tidak selalu berwarna hijau, beberapa diantaranya bercorak keunguan. Mereka dapat hidup dimana saja termasuk di gurun, hutan, dan perkotaan. Ukuran green ant mampu mencapai 0,7 cm dengan ratu berukuran lebih besar dari pada pekerjanya.

8. Southern Wood Ant

Semut kayu memiliki peran dalam mengendalikan hama. Mereka memakan kumbang dan serangga yang merusak tanaman. Warnanya yang mencolok dengan besar 0,8 cm merupakan ciri umum semut ini.

7. Slave Make Ant

Semut budak memiliki ciri tubuh hitam dengan kepala dan kaki berwarna merah cerah. Semut berukuran 1 cm ini mendiami hutan yang tersebar di Cina, Jepang, Korea, Afrika, Rusia, dan Eropa. Mereka gemar menyerbu koloni semut lain dan sang ratu akan membunuh ratu semut korbannya.

6. Black Carpenter Ant

Black carpenter Ant atau semut tukang kayu hitam termasuk semut hama yang merugikan. Selain mendiami pepohonan lapuk, mereka juga tinggal di kayu rumah dan merusak struktur bangunan. Semut jenis ini berukuran mencapai 1,2 cm dengan tubuh berwana hitam dan diseliputi bulu-bulu putih.

5. Banded Sugar Ant

Jenis semut banded sugar ant sangat menyukai semua hal yang berbau manis. Semut yang berukuran 1,5 cm dapat hidup dimanapun termasuk di dalam rumah. Mereka merupakan hama yang dapat merusak kayu dan perabotan rumah.

4. Dinoponera Quadriceps

Berbeda dari semut pada umumnya, dinoponera quadriceps tidak memiliki ratu sebagai pemimpin. Semut yang ukurannya mencapai 2 cm hidup di hutan yang lembab dan hangat di Brazil. Sengatan semut dinoponera quadriceps sangat menyakitkan dan berlangsung selama berhari-hari.

3. Carpenter Ant

Carpenter ant termasuk semut yang pandai dalam membangun sarang dan mengunyah kayu. Diketahui ukuran semut ini mencapai 2,5 cm, lebih besar dari semut pada umumnya. Mereka juga sangat agresif dalam mempertahankan sarang mereka.

2. Bullet Ant

Mendiami hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan membuat semut ini sangat menakutkan. Bullet ant atau semut peluru berukuran sangat besar mencapai 3 cm. Selain berukuran sangat besar, sengatan semut berwarna hitam kemerahan ini sangat menyakitkan. Seseorang yang terkena gigitan bullet ant akan merasakan sakit seperti terkena tembakan.

1. Giant Amazonian

Semut paling besar di dunia selanjutnya adalah giant amazonian. Semut yang hanya ditemukan di hutan hujan dan pesisir Amerika Selatan ini memiliki ukuran 4 cm. Mereka memakan tanaman dan serangga seperti jangkrik, siput, dan laba-laba. Semut besar ini membangun sarangnya di dalam tanah.

Demikian 10 semut paling besar di dunia buat bulu kuduk merinding. Hati-hati jika bertemu jenis semut tersebut, karena gigitan nya sangat menyakitkan.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini