Share

Simak 3 Tips dari Sri Mulyani Bagi Peminat Beasiswa Luar Negeri di Tengah Terpaan Krisis

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 65 2681032 simak-3-tips-dari-sri-mulyani-bagi-peminat-beasiswa-luar-negeri-di-tengah-terpaan-krisis-dMXMFCrxpk.jpg Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani/Okezone

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati menyampaikan tiga tips tentang beasiswa luar negeri yang sedang berada di masa kritis.

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah menginjak satu dekade berbarengan dengan keberangkatan awardee beasiswa LPDP Angkatan 193 dan 194 tahun ini.

Dalam kesempatan inilah Sri Mulyani memberikan tips-tips untuk menjadi bekal para peminat beasiswa di luar negeri seperti beasiswa LPDP meski sedang berada di tengah krisis energi hingga pangan berbagai negara tujuan studi.

Simak tips-tips Sri Mulyani selengkapnya di sini!

1. Persiapkan mental hadapi tantangan

Sri Mulyani meminta penerima beasiswa untuk menyiapkan mental yang kuat untuk menjalani pendidikan dan berkolaborasi berbagai tantangan.

Terlebih lagi mahasiswa awardee LPDP juga harus bertanggung jawab atas keberangkatannya untuk belajar di luar negeri pada masayarakat Indonesia.

Seperti misalnya menghadapi tantangan pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

"Kita sebagai negara dan bangsa bekerja bersama. Dan krisis akan menghasilkan juga para pahlawan, baik di bidang kesehatan, atau bidang ekonomi. Awardee LPDP ikut menemukan vaksin Covid-19. Kalau enggak ada Covid, barangkali tidak akan terekspos," jelasnya dikutip dari kanal YouTube LPDP RI.

2. Menjaga dana beasiswa untuk kebutuhan kuliah

Mengingat inflasi tinggi di Eropa dan Amerika Serikat, telah menurunkan daya beli masyarakat.

Maka dari itu, mahasiswa harus bisa menjaga beasiswa yang diterima agar dapat memenuhi kebutuhan kuliah.

"Inflasi yang tinggi jelas menggerus daya beli. Kalian harus hati-hati dengan beasiswa yang kalian terima. Jaga untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelajaran kalian," jelasnya. 

3. Pelajari situasi negara tujuan studi

Sri Mulyani juga mengingatkan agar mahasiswa selalu kritis untuk melihat situasi negara tujuan studi.

Meski berkuliah di bidang sains, para awardee beasiswa luar negeri juga harus penasaran dengan isu-isu lainnya seperti politik, sosial, hingga budaya yang terjadi di Indonesia maupun di negara tempat berkuliah.

Jika bisa membandingkan situasi Indonesia dengan yang terjadi di negara tujuan studinya, bisa menjadi proses pembelajaran untuk mengurus Indonesia sekembalinya dari studi.

"Itu akan membuat kalian menyadari, di mana posisi Indonesia, bagaimana kita mengurus Indonesia, bagaimana kita menghadapi tantangan yang sama, yaitu tantangan pandemi, tantangan guncangan ekonomi, krisis pangan, inflasi, yangs emuanya sekarang mendominasi negara-negara tempat tujuan kalian belajar," bebernya.

Menurutnya, awardee sangat perlu mempelajari ondisi Indonesia. Karena belajar tidak hanya dari kelas dan buku saja, tapi menjadi warga negara yang sadar akan bangsanya juga sangat penting.

"Untuk kemudian kita menjaga sikap, untuk menjaga Indonesia," tutupnya.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini