Share

Puluhan Mahasiswa Ikuti Program Pertukara Pelajar UPI

Adi Haryanto, Koran Sindo · Selasa 20 September 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 65 2671085 puluhan-mahasiswa-ikuti-program-pertukara-pelajar-upi-g96gQJpeqh.jpg Universitas Pendidikan Indonesia/Dok UPI

BANDUNG - Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti program pertukaran pelajar di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tahun ini, ada dua jenis pertukaran mahasiswa merdeka dalam bentuk inbond sebagai tuan rumah atau penerima yang dikuti 92 mahasiswa dari 30 perguruan tinggi di Indonesia.

Kemudian dalam bentuk outbond sebagai peserta dengan mengirimkan 45 mahasiswa untuk mengikuti program yang diselenggarakan di 22 perguruan tinggi lain di Indonesia.

Pada program pertukaran mahasiswa merdeka jenis inbond, UPI menerima sebanyak 92 mahasiswa dari 30 perguruan tinggi yang berbeda di Indonesia.

Sedangkan pada program pertukaran mahasiswa merdeka jenis outbond, 45 mahasiswa UPI berhasil diterima dan mengikuti program yang tersebar di 22 perguruan tinggi di Indonesia.

Direktur Pendidikan Asep Supriatna menjelaskan, mekanisme pertukaran mahasiswa merdeka yang dilakukan UPI dengan menyusun atau menyesuaikan kurikulum yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah, menentukan dan menawarkan mata kuliah yang dapat diambil mahasiswa.

Kemudian mengatur kuota peserta yang mengambil mata kuliah yang ditawarkan, serta mengatur jumah SKS yang dapat diambil. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan dalam jaringan (daring).

Program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) ini diharapkan menginspirasi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) serta mahasiswa di Indonesia.

Melalui program ini, Kemendikbudristek dan perguruan tinggi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia meningkatkan wawasan mahasiswa tentang Bhinneka Tunggal Ika, serta memperkuat persaudaraan lintas budaya dan suku.

"Program ini dalam rangka membangun persahabatan mahasiswa antar daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga membentuk sikap mahasiswa dalam menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, " jelas dia.

Melalui program ini, UPI berupaya mewujudkan Arah Kebijakan dan Strategi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam Agenda Pembangunan Revolusi Mental dan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Memperkukuh Ketahanan Budaya Bangsa dan Membentuk Mentalitas Bangsa yang Maju, Modern, dan Berkarakter.

Melalui program pertukaran mahasiswa merdeka ini, sebagai bentuk kongkrit UPI dalam mewujudkan revolusi mental sebagai gerakan akademik dan kebudayaan dalam meneguhkan Indonesia sebagai negara-bangsa majemuk, memiliki keragaman suku, adat-istiadat, budaya, bahasa, dan agama, yang membentuk satu kesatuan dalam keragaman: Bhinneka Tunggal Ika dalam sistem pendidikan pada perguruan tinggi khususnya di Universitas Pendidikan Indonesia.

Koordinator Tim MBKM UPI sekaligus Kepala Seksi Administrasi Keuangan dan Sumber Daya pada Direktorat Pendidikan UPI Agus Sutiawan menyampaikan, bahwa peran UPI sebagai perguruan tinggi pengirim serta perguruan tinggi tujuan atau penerima, berupaya untuk mewujudkan pertukaran mahasiswa merdeka berjalan dengan baik.

"Mahasiswa yang mengikuti Program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) harus mengikuti dan menyelesaikan program Modul Nusantara yang berisi tentang pemberian pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan, yaitu pertukaran kebudayaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial, " imbuh dia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini