Share

Susunan Upacara 17 Agustus 2022 Terlengkap dan Terbaru

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 624 2648679 susunan-upacara-17-agustus-2022-terlengkap-dan-terbaru-839yyQqSu2.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Susunan upacara 17 Agustus 2022 menarik untuk diulas. epala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, rangkaian acara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) yang akan dilakukan pada 17 Agustus 2022 mendatang.

"Jam ataupun kegiatan di Istana, kegiatan di Istana adalah kurang lebih pukul 9.45 (pagi) itu sudah mulai resmi dilakukan kegiatan proses memperingati detik-detik proklamasi," ujar Heru dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

"Nah, sebelumnya kami menghibur masyarakat di seluruh penjuru baik itu di Tanah Air maupun perwakilan -perwakilan yang berada di luar negeri kita mulai dari pukul 08.00, mulai 08.30 sudah ada hiburan di Istana bisa diliput bisa dilihat oleh masyarakat," ujarnya.

Nantinya, susunan upacara 17 Agustus 2022 memiliki a iring-iringan pembawa bendera pusaka dari Monas menuju Istana. "Ada rangkaian membawa bendera pusaka dari Monas menuju istana. Nanti juga ditambahkan beberapa masyarakat atau beberapa kegiatan ini yang akan dikordinir oleh Pak Kasgartap dan semoga bisa menjadi tambahan untuk memeriahkan acara ini," ujarnya.

Heru meminta kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk bersiap sekitar pukul 7 pagi waktu setempat. Dan bagi pemerintah daerah yakni Gubernur, Bupati, dan Wali Kota serta pejabat Eselon 1 dipersilakan mengikuti rangkaian upacara melalui daring.

"Di sore hari kita mulai acara kegiatan penurunan bendera itu dimulai hiburan itu pada pukul 3 sore, begitu juga seperti pagi hari sore hari kami mengundang masyarakat dengan terbatas yaitu kurang lebih 2 ribu dan para menteri ketua lembaga dan lainnya akan kami undang secara fisik di sore hari," katanya.

"Jam 3 sore kita sudah mulai kegiatan hiburan, memasuki pukul 4 sampai pukul 5 lewat 20 menit (sore) itu acara akan diambil alih oleh Istana. Itu secara resmi penurunan bendera dimulai," katanya.

Upacara 17 Agustus sendiri biasanya dihadiri oleh para petinggi negara dan dilaksanakan oleh orang-orang terpilih. Nah tahun ini, Anda bisa menyaksikan secara langsung perhelatan upacara bendera di Istana Negara.

Berikut susunan upacara 17 Agustus 2022 Terlengkap: 

1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara.

2. Pembina upacara tiba di tempat upacara. Penghormatan kepada pembina upacara.

3. Laporan pemimpin upacara. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh paduan suara.

4. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara.

5. Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

6. Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada).

7. Amanat pembina upacara. Pembacaan doa. Laporan pemimpin upacara.

8. Penghormatan kepada pembina upacara.

9. Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara.

10. Upacara selesai, barisan dibubarkan.

(RIN)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini