Share

PKKMB UNS, Jenderal TNI Purn Moeldoko Sampaikan Tantangan Generasi Muda

Natalia Bulan, Okezone · Sabtu 13 Agustus 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 65 2647276 pkkmb-uns-jenderal-tni-purn-moeldoko-sampaikan-tantangan-generasi-muda-E8hSXNTwfw.jpeg Moeldoko beri kuliah umum di UNS/Dok. UNS

SOLO - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P. memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam acara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) . Kuliah umum tersebut digelar di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram pada Sabtu (13/8/2022).

Dalam kuliah umum tersebut, Moeldoko menyampaikan beberapa hal, di antaranya tantangan perubahan yang akan dihadapi oleh generasi muda, visi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk Indonesia, serta tentang bela negara.

Moeldoko memberikan gambaran terkait perubahan sosial yang begitu cepat yang harus dihadapi oleh para generasi muda Indonesia, salah satu contohnya adalah pandemi Covid-19. Ia mengaku tidak ada negara yang siap menghadapi pandemi. Untuk itu, ia memberi motivasi kepada peserta PKKMB supaya bisa melihat dan memahami tantangan.

“Seorang pemimpin harus bisa melihat dan memahami berbagai tantangan. Kira-kira apa saja tantangan yang harus dihadapi,” terang Moeldoko.

Menurutnya, situasi pandemi diperburuk oleh perang Rusia dan Ukraina yang telah menimbulkan situasi yang luar biasa pula, seperti kenaikan harga pangan hingga krisis finansial secara global. Moeldoko mengatakan bahwa permasalahan yang kompleks tersebut harus dihadapi dan dicari solusinya. Meskipun demikian, Indonesia masih bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi sekitar 5.4%

Namun, masih ada beberapa indeks pembangunan Indonesia yang masih rendah.

“Inilah tantangan kita,” lanjut Moeldoko

(bul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini