Share

Unesa Buka Jurusan S1 Sains Data di Jalur Mandiri, Prodi Baru Digadang Jadi Primadona Era Digital

Tim Okezone, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 65 2620375 unesa-buka-jurusan-s1-sains-data-di-jalur-mandiri-prodi-baru-digadang-jadi-primadona-era-digital-5IzeQUs7YF.jpg Unesa buka jurusan S1 Data Sains di Jalur Mandiri/Ilustrasi/Pixabay

SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi sarjana Sains Data atau Data Science di jalur SPBM atau Mandiri tahun 2022.

Program studi (prodi) ini digadang-gadang menjadi primadona dan dicari-cari di era digital.

Dikutip dari laman resmi Unesa, Kaprodi Sains Data, Dr. Elly Matul Imah, M.Kom., menjelaskan bahwa prodi yang dipimpinnya ini berada di bawah koordinasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (FMIPA).

Sains data sendiri adalah ilmu terapan yang mempelajari dan menganalisis data, termasuk data numerik baik yang terstruktur maupun tidak.

Dengan kata lain, Sains Data adalah prodi yang mempelajari cara pengolahan dan interpretasi data.

“Prodi ini nantinya menghasilkan lulusan sebagai data scientist, data analyst, data engineer, digital entrepreneur, asisten peneliti, dan pengembang sains data yang kompeten. Sains Data digunakan di segala bidang dan sektor,” ujar Elly Matul Imah.

Menurutnya, prodi ini di luar negeri sudah sangat berkembang. Sementara di Indonesia masih sangat terbatas.

Padahal kebutuhan sumber daya manusia bidang data science semakin tinggi.

Banyak perusahaan dan instansi pemerintahan yang sangat memerlukan SDM dengan kompetensi data science.

Saat ini, lanjutnya, kompetensi IT dan programming sudah dianggap kurang kompatibel menghadapi tuntutan kemajuan teknologi yang berbasis big data.

Karena itu, butuh SDM yang punya kemampuan khusus terkait data, yaitu lewat prodi Sains Data.

Di Indonesia, prodi sejenis sudah ada di sekitar 14 kampus tanah air. Di Jawa Timur sendiri terdapat 2 prodi serupa yang sudah terlebih dahulu ada.

“Kalau di kampus lain kan lebih ke teknik. Sementara di Unesa ini selain teknik juga ada penguatan sisi kreativitas dan fondasi Sains Data. Sebagai pembeda, prodi ini di Unesa mengadopsi pokok-pokok utama kurikulum data science yang dikeluarkan ACM (Association for Computing Machinery) dan disesuaikan dengan dunia industri,” terangnya.

Selain itu, kurikulum yang digunakan baru dirilis 2021 dan tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan SDM data science internasional dan disusun bersama Kominfo, Coventry University, dan Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia.

Sebagai upaya penguatan kompetensi lulusan, Unesa bekerja sama dengan Kominfo untuk pelatihan kompetensi profesi lulusan prodi Sains Data Unesa.

“Ini salah satu pembeda prodi Sains Data di Unesa dengan kampus lainnya. Insya Allah mahasiswa, lulusnya membawa bekal kompetensi dan sertifikat kompetensi profesi. Tidak hanya ijazah,” tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini