Share

Dalam Melakukan Pengukuran, Mengapa Harus Dipergunakan Satuan Pengukuran yang Baku?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 28 Juni 2022 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 624 2618901 dalam-melakukan-pengukuran-mengapa-harus-dipergunakan-satuan-pengukuran-yang-baku-Myc8RqzWir.jpg Melakukan Pengukuran menggunakan satuan yang baku/Freepik

JAKARTA - Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas dalam benak Anda.

Kegiatan pengukuran adalah kegiatan yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti mengukur jarak, waktu tempuh, berat badan, dan lain-lain. Dalam melakukan pengukuran biasanya menggunakan satuan baku agar hasilnya konsisten.

Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? Simak jawabannya berikut ini.

Dalam Melakukan Pengukuran, Mengapa Harus Dipergunakan Satuan Pengukuran Yang Baku?

Sebelum membahas jawaban tersebut, ada baiknya anda mengetahui apa itu pengukuran?

Dilansir dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Pengukuran, mengukur atau pengukuran adalah kegiatan membandingkan besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.

Besaran yang dimaksud adalah sesuatu yang dapat diukur, sedangkan satuan adalah pembeda atau pembanding dalam pengukuran.

Satuan terbagi menjadi dua, yakni satuan baku dan satuan tidak baku. Satuan baku adalah satuan yang telah diakui secara resmi oleh ilmuwan dan menjadi satuan yang umum digunakan berdasarkan standar Sistem Internasional (SI).

Contoh dari satuan baku adalah meter, kilogram, sekon, kelvin, dan lain-lain.

Sedangkan satuan tidak baku adalah satuan yang didapatkan dalam lingkup lokal bahkan individual sehingga tidak digunakan oleh banyak orang.

Contoh dari satuan baku adalah jengkal, hasta, depa, dan lain-lain. Atau jika di luar negeri ada yang menggunakan kaki )feet), jempol (inch), lengan (yard).

Jadi, jawaban dari pertanyaan dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? adalah karena pengukuran dengan satuan baku dapat menghasilkan hasil pengukuran yang konsisten dan tepat karena menggunakan standar SI.

Contohnya adalah ketika ada dua orang di negara yang berbeda akan mengukur sebuah papan.

Kedua orang ini menggunakan meteran dengan satuan SI, maka hasil yang didapatkan akan sama.

Demikian jawaban dari Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? Semoga membantu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini