Share

Pengertian Faktor Produksi dan Contohnya, Bisa Berasal dari Manusia

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 25 Mei 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 624 2600157 pengertian-faktor-produksi-dan-contohnya-bisa-berasal-dari-manusia-KkynuY6J4l.jpg Faktor Produksi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Memaknai pengertian faktor produksi dan contohnya merupakan salah satu kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi ada proses untuk menghasilkan sebuah produk yang akan dipasarkan kepada masyarakat luas harus melewati serangkaian proses.

Dalam mencapai produk yang diinginkan proses tersebut dipengaruhi oleh faktor produksi. Secara umum, faktor produksi merupakan konsep ekonomi penting yang menguraikan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang atau jasa untuk dijual.

Mereka umumnya dipecah menjadi empat elemen: tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Hal ini juga tergantung pada keadaan tertentu, satu atau lebih faktor produksi mungkin lebih penting daripada yang lain.

Dengan begitu, semua barang dapat meningkatkan nilai manfaat dari produk disebut dengan faktor produksi. Faktor produksi juga bisa dimaknai sebagai semua benda yang membantu melancarkan proses produksi perusahaan. Secara khusus, faktor produksi  mungkin lebih penting daripada yang lain

Berikut pengertian faktor produksi dan jenisnya beserta contoh:

1. Berasal dari Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua hal yang telah tersedia di alam dan yang dapat dimanfaatkan guna mencapai kemakmuran. Adapun contoh faktor produksi sumber daya alam meliputi tanah, sinar matahari, udara, air, tumbuhan hewan, mineral, dan jenis tambang lainnya.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia atau pekerja juga menjadi faktor utama dalam faktor produksi. Faktor produksi satu ini meliputi semua usaha yang dilakukan manusia guna meningkatkan nilai pada suatu benda. Contohnya: tenaga kerja terdidik, terampil, tidak terdidik dan tidak terampil, serta tenaga kerja jasmani dan rohani.

3. Modal

Modal menjadi sarana yang bisa digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Modal tidak melulu berupa uang, tetapi juga dapat berupa barang yang telah dihasilkan atau alat produksi. Contohnya seperti modal tetap, lancar, modal sendiri atau asing, modal individu dan publik, serta modal konkret dan abstrak.

4. Kewirausahaan atau Manajerial

Kewirausahaan atau manajerial juga termasuk faktor produksi. Sebab, penentu keberhasilan dari suatu proses produksi tidak hanya produk, melainkan juga strategi, teknik atau cara, kontrol, perencanaan, dan masih banyak lagi. Aspek ini termasuk pembukuan, pemasaran, distribusi, hingga observasi terkait pasar.

5 Sumber Daya Terkait Informasi

Beragam informasi saat ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Bahkan, kehadiran internet mampu membuat arus pertukaran informasi menjadi semakin cepat. Inilah alasan, perusahaan perlu mengelola aspek ini sebaik mungkin. Setidaknya, perusahaan mencari dan mengetahui informasi tentang kebutuhan masyarakat. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini