Share

Daftar Golongan Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Proses Pembuatannya dan Contohnya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 24 Mei 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 624 2599540 daftar-golongan-alat-pemuas-kebutuhan-manusia-berdasarkan-proses-pembuatannya-dan-contohnya-R5MJarYiLV.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Terdapat golongan alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan proses pembuatannya dan contohnya yang jarang diketahui. Sebagai informasi, manusia sebagai makhluk hidup yang sangat bergantung pada kebutuhan guna melangsungkan aktivitasnya masing-masing.

Saat ini, manusia berusaha mengupayakan yang terbaik untuk mendapatkan sumber daya agar keinginannya dapat terpuaskan, 

Adapun, kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk dapat bertahan hidup. Pemenuhan kebutuhan bagi manusia dimaksudkan agar manusia dapat hidup makmur. Barang merupakan benda berwujud yang dapat digunakan oleh manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya serta berdasarkan fungsinya.

Berikut golongan alat pemuas kebutuhan manusia berdasarkan proses pembuatannya dan contohnya yang dirangkum Okezone:

 1. Barang Mentah

Barang mentah  yang dalam penggunaannya membutuhkan proses baru bisa digunakan, barang jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan baku  Artinya barang yang masih alami hasil proses alam yang digunakan untuk membuat barang lain dalam proses lanjutan.

Adapun, barang ini  masih harus diolah agar dapat digunakan atau dikonsumsi oleh manusia. Akan tetapi, ada beberapa barang dasar yang bisa langsung dikonsumsi manusia, misalnya apel, selada, pepaya.

Contoh barang dasar seperti batubara, padi, kayu bambu, getah karet serta kapas dan minyak bumi.

2. Barang Setengah Jadi

Barang yang telah melalui proses produksi akan tetapi agar bisa digunakan harus melalui proses produksi berikutnya.

Barang setengah jadi harus diolah terlebih dahulu agar dapat menghasilkan barang lebih lanjut atau barang akhir. Sehingga, barang setengah jadi perlu mengalami proses produksi lebih lanjut untuk bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan manusia secara sempurna. Seperti contoh pada andum, beras, dan kayu lapis.

3. Barang Jadi (Final Goods)

Barang jadi atau biasa disebut barang akhir adalah barang hasil produksi yang siap dikonsumsi atau digunakan oleh masyarakat.contohnya roti, pakaian, minuman.

4. Barang Penolong

Barang penolong adalah barang yang digunakan sebagai pelengkap dalam suatu proses produksi. Contoh barang penolong, yaitu: vanili sebagai penambah aroma kue agar lebih nikmat. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini