Share

Mengenal Sistem IRT dalam UTBK SBMPTN!

Zahra Larasati , Okezone · Kamis 12 Mei 2022 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 65 2592330 mengenal-sistem-irt-dalam-utbk-sbmptn-KScF4doLQ6.jpg Mengenak sistem IRT dalam bentuk UTBK SBMPTN. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Mengenal sistem IRT dalam UTBK SBMPTN harus dilakukan para calon peserta. Sejak tahun 2018, UTBK SBMPTN telah menggunakan sistem Item Response Theory (IRT) atau teori respons butir.

Sistem ini merupakan sistem yang mengutamakan karakteristik setiap soal. Semakin sulit soal, maka akan semakin tinggi bobot poinnya, jadi apabila peserta berhasil menjawab soal yang dianggap sulit, maka mereka akan memperoleh bobot poin yang lebih tinggi dibanding soal lainnya.

Sistem penilaian IRT:

Dilansir dari beragam sumber, sistem penilaian IRT ini digambarkan dengan tiga tahap, yaitu:

1. Tahap pertama, seluruh jawaban benar akan diberi skor 1 poin, dan skor 0 untuk yang tidak dijawab.

2. Tahap kedua, pendekatan teori respons butir (Item Response Theory) akan dilakukan. Setiap soal yang benar akan dianalisis kembali karakteristiknya dengan melihat kesulitan dibanding soal lainnya.

3. Tahap ketiga, karakteristik tiap soal yang didapatkan di tahap dua akan dipakai untuk menghitung skor peserta. Soal yang relatif sulit akan mendapatkan bobot yang lebih tinggi dibanding soal lain.

Strategi Mengerjakan Soal:

1. Jangan Ragu

Pada sistem ini, tidak ada poin minus pada soal yang salah. Jadi jangan ragu untuk menjawabnya.

2. Gunakan metode eliminasi

Gunakan strategi menebak dengan eliminasi jawaban yang paling mungkin salah. Dengan cara ini maka akan semakin besar peluang untuk memilih jawaban yang benar.

3. Jangan Pikirkan Skor

Tidak perlu pikirkan tingkat kesulitan soal demi mengejar skor tinggi, tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah pengecekan jawaban. Jadi jangan buang waktu, kerjakan saja semampunya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini