Share

Rektor Unpad Minta Dosen Maksimalkan Tridharma Perguruan Tinggi

Arif Budianto, Koran SI · Kamis 14 April 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 65 2579069 rektor-unpad-minta-dosen-maksimalkan-tridharma-perguruan-tinggi-5LrpbfhgRb.jpg Universitas Padjadjaran (Foto: Dokumentasi Unpad)

BANDUNG - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Rina Indiastuti meminta dosen Unpad lebih maksimal dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Upaya bersama sivitas akademika ini diharapkan meningkatkan kontribusi Unpad kepada bangsa dan negara.

Rektor mendorong agar dosen dapat berperan lebih aktif dan berkinerja dalam melaksanakan aktivitas tridarma yang bermanfaat bagi kemajuan Unpad. Kemajuan Unpad nantinya turut berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan bangsa. “Sebagai PTN Badan Hukum, Unpad memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada para dosen untuk berperan lebih aktif,” kata dia dikutip dari Kanal Media Unpad.

Baca juga:  Unpad Buka 6 Mata Kuliah Kerja Sama dengan Industri Melalui KMMI

Kendati berstatus sebagai PTN Badan Hukum, seluruh dosen dan tenaga kependidikan tetap tunduk dan taat kepada peraturan perundang-undangan. Karena itu, Rektor mengharapkan dosen dapat menjaga martabat dan kehormatan diri, keluarga, hingga tempat bekerja. Selain itu, para dosen juga didorong untuk meningkatkan kariernya melalui jabatan akademik. Tidak hanya menjadi Lektor Kepala, Rektor juga mendorong setiap dosen dapat mencapai jabatan akademik hingga perolehan gelar guru besar.

 Baca juga: Unpad Sediakan Beasiswa Pascasarjana untuk Mahasiswa Unggul

“Apa yang dikerjakan lewat tridarma akan berdampak besar pada kinerja diri. Jangan lupa bahwa apa yang kita lakukan seluruhnya demi menebar kebermanfaatan bagi lingkungan,” kata Rektor.

Rektor mendorong para tendik dapat terus meningkatkan kompetensinya. Salah satu kemampuan yang wajib dikuasai adalah kemampuan digital. Kemampuan digital akan mendukung efektivitas pekerjaan yang dilakukan di Unpad hingga menciptakan jenis pekerjaan turunan baru.

“Jumlah tenaga kependidikan kita banyak. Satu-satunya cara untuk mengefektifkan itu adalah kita harus kreatif, inovatif, dan produktif supaya maju. Kalau Unpad maju, banyak pekerjaan yang akan diciptakan,” kata Rektor. Rektor juga memastikan PNS maupun Pegawai Tetap Non-PNS memiliki hak dan kewajiban yang sama. “Dengan hak dan kewajiban yang sama, semangat integritas, bertanggung jawab, dan berkinerja sangat kami nantikan. Unpad menantikan kontribusi kinerja terbaik,” kata Rektor.

Pada kesempatan itu, rektor mengambil sumpah/janji para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Tetap Non-PNS di lingkungan Unpad. Pengambilan sumpah/janji dilakukan secara luring di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Selasa (12/4/2022).

Pengambilan sumpah/janji tersebut diikuti 331 pegawai yang terdiri dari 175 orang dosen (88 PNS dan 87 Dosen Tetap Non-PNS) dan 156 tenaga kependidikan (6 PNS dan 150 Pegawai Tetap Non-PNS). Acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh pegawai dosen, sedangkan sesi kedua diikuti tenaga kependidikan.

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD, Psikolog menjelaskan, pengambilan sumpah/janji ini merupakan amanat negara. Dengan demikian, setiap pegawai yang diambil sumpah/janjinya wajib mengabdikan diri untuk kemajuan negara. “Ini merupakan komitmen kuat dari seorang pegawai untuk bisa mengabdi dan bisa melakukan performa terbaik,” kata Aulia. Arif budianto

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini