Share

5 Negara dengan Lulusan Pendidikan Tinggi Terbanyak, Ada Indonesia?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 18 April 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 65 2578911 5-negara-dengan-lulusan-pendidikan-tinggi-terbanyak-ada-indonesia-h5rQQoTNTU.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, sarjana, magister, spesialis dan doktor. Semakin banyak orang yang mengikuti pendidikan tinggi, maka semakin banyak pula lulusannya yang dapat berkontribusi bagi kemajuan negara.

Berikut merupakan negara dengan lulusan pendidikan tinggi terbanyak di tahun 2022 berdasarkan data OECD (Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi). Sayangnya tidak ada Indonesia di dalam 5 besar daftar ini. 

• Kanada

Kanada merupakan negara yang memiliki lulusan pendidikan tinggi paling banyak. Persentasenya mencapai 60% persen dari total populasi orang dewasa Kanada. Universitas-universitas di Kanada mengabdikan dirinya pada penelitian dan pengajaran yang berkualitas. Hal ini bertujuan memberikan mahasiswa kesempatan untuk meningkatan pembelajaran dan karier.

Kuliah diajarkan oleh seorang profesor yang dapat dihadiri oleh 30 hingga 200 mahasiswa. Tentunya setiap universitas dilengkapi sarana pendukung untuk mahasiswa melakukan diskusi yang lebih mendalam.

• Rusia

Pendidikan tinggi di Rusia diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi publik dan non publik yang telah terakreditasi. Rusia merupakan negara yang memiliki lulusan pendidikan tinggi paling banyak setelah Kanada. Persentase lulusan pendidikan tinggi di Rusia mencapai 56,70% dari jumlah penduduknya.

Menurut undang-undang Federasi Rusia, universitas dan akademi diakui sebagai lembaga pendidikan tinggi. DI universitas sendiri ditawarkan berbagai spesialisasi, sementara akademi menawarkan spesialisasi yang lebih sempit untuk satu industri.

• Jepang

Jepang memiliki tiga jenis universitas yang terbagi menjadi universitas nasional, universitas negeri, dan universitas swasta. Di Jepang, persentase lulusan pendidikan tingginya mencapai 52,70% persen dari total warga dewasa Jepang. Dalam mengajar, para tenaga pendidiknya selalu memperhatikan kualitas dan ketelitian.

Setelah warganya lulus pendidikan Strata 1, Jepang memiliki sebuah sistem yang langsung menyalurkan para lulusan S1 ke dunia kerja atau industri. Ketika bekerja, para lulusan baru itu langsung mendapatkan gaji setara dengan pekerja senior. Walau begitu, Jepang sangat memperhatikan universitas asal para calon karyawannya.

• Luksemburg

Luksemburg merupakan salah satu negara yang menghasilkan lulusan pendidikan tinggi terbanyak di dunia. Persentasenya mencapai 51,30% dari populasi orang dewasa di negara tersebut. Dulu para warganya jika ingin mengenyam pendidikan tinggi harus pergi ke negara-negara tetangga eropa.

Namun kemudian pemerintah Luksemburg memberi perhatian sekaligus prioritas terhadap pendidikan tinggi. Salah satunya dengan membangun Universitas Luksemburg. Selain itu, pemerintah Luksemburg juga mendorong warganya untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan bantuan beasiswa atau pinjaman kepada lembaga keuangan.

• Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia yang menghasilkan lulusan pendidikan tertinggi, yakni mencapai 50,70% dari populasi. Universitas yang ada di sana pun sering bersaing dengan universitas-universitas terkemuka di Eropa.

Orang Korea menganggap pendidikan tinggi merupakan sebuah hal yang serius sehingga menyebabkan lingkungan akademiknya sangat kompetitif. Bidang populer di Korea adalah seni, sains dan bisnis.

*Diolah dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini