Share

Bagaimana Cara Kembangkan Potensi di Bidang Pendidikan? Orangtua Pegang Peran

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 01 April 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 624 2571650 bagaimana-cara-kembangkan-potensi-di-bidang-pendidikan-orangtua-pegang-peran-FmxHp6z7AW.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Cara untuk mengembangkan potensi bangsa dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Upaya pengembangan ini tentunya tidak lepas dari berbagai pihak. Bidang Pendidikan merupakan sebuah bidang yang sangat penting.

Sebuah bangsa yang besar bisa dibentuk dari adanya peran serta seluruh masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan bidang pendidikan. Melalui pendidikan, bangsa ini tidak akan tertinggal dari bangsa lain. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya pendidikan, potensi bangsa Indonesia bisa semakin baik lagi.

Lantas, bagaimana cara untuk mengembangkan potensi bangsa dalam bidang pendidikan?

Berikut informasinya:

Upaya untuk mengembangkan potensi bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan telah dipikirkan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Tentunya, perlu adanya strategi dalam mewujudkan hal ini.

Pada laman kemendikbud.go.id, Okezone mengutip adanya tiga strategi yang dilakukan oleh Kemendikbud dalam upaya pengembangan pendidikan. Tiga hal itu adalah sebagai berikut:

Adanya pengembangan guru

Guru adalah ujung tombak dari pendidikan di Indonesia, sehingga pengembangan guru diperlukan agar pendidikan di negara ini semakin maju.

Adanya peran serta orang tua

Bagaimana pun juga, pendidikan dimulai dari rumah. Jika orang tua hanya memberikan tugas mendidik hanya kepada guru, hal itu sangat disayangkan.

Sebab, orang tua dan lingkungan memiliki peran yang besar dalam mendidik karakter seorang siswa.

Adanya keterlibatan siswa. Keterlibatan siswa diperlukan agar guru dan juga dinas pendidikan mengetahui proses belajar mengajar yang seperti apa yang diinginkan oleh para siswa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini