Share

Inovatif! Mahasiswa Bikin Mesin Pemotong Keripik 100 Irisan Per 11 Detik

Yudha Prawira, iNews · Rabu 16 Maret 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 65 2562455 inovatif-mahasiswa-bikin-mesin-pemotong-keripik-100-irisan-per-11-detik-mw13je1enu.jpg Mesin pemotong keripik karya mahasiswa Untag Surabaya (Foto : iNews)

SURABAYA - Sebanyak dua mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 atau Untag Surabaya berinovasi dengan menciptakan mesin pengiris berbagai bahan baku produk keripik secara otomatis.

Mesin tersebut terinspirasi dari banyaknya pengusaha UMKM yang mengolah keripik di mana masih banyak yang masih manual dalam proses pembuatannya.

Mesin pengiris otomatis itu buat karya Muhammad Khaliq Yahya dan Panggalih Priambodo, mahasiswa program studi Teknik Mesin Untag Surabaya. Mesin tersebut terinspirasi dari banyaknya pelaku UMKM keripik di kampung halamannya, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yang masih manual dalam proses pengirisannya.

Dengan menggunakan mesin tersebut, berbagai bahan baku keripik seperti singkong, pisang, hingga tempe, dapat teriris hingga ketipisan 1 milimeter dalam waktu cepat. Dengan memanfaatkan daya listrik dari dinamo motor ac 1400 rpm dan pisau rotari pengiris, mesin tersebut diklaim dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari produksi keripik UMKM. Pasalnya, mesin itu dapat mengiris hingga 100 irisan dalam 11 detik.

"Per sebelas detik mesin ini bisa mengiris 100 kali," ujar Muhammad Khaliq Yahya, Rabu (16/3/2022).

Proses pengembangan mesin tersebut selama 4 bulan dan masih berlangsung hingga saat ini untuk menyempurnakan bentuk serta fungsi, sebelum nantinya layak digunakan secara massal oleh masyarakat.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini