Share

Memahami Makna Bunyi Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945, Yuk Kita Aktif Bela Negara!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 16 Maret 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 624 2562637 memahami-makna-bunyi-pasal-27-ayat-3-uud-1945-yuk-kita-aktif-bela-negara-bvt6RSO1IC.jpg Ilustrasi bela negara. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Bunyi Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945. Terdapat banyak hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD 1945. Salah satu yang diimplementasikan adalah pasal 27 ayat 3.

Pasal tersebut berbunyi tentang โ€œSetiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara,โ€.

Perlu diketahui, bela negara umumnya dikaitkan dengan militerisme. Hal tersebut menganggap seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela negara hanya terletak pada Tentara Nasional Indonesia.

Pada kenyataanya, berdasarkan Pasal 30 UUD 1945, bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.

Bagi warga negara Indonesia, upaya pembelaan negara harus dilandasi oleh rasa cinta pada Tanah Air dan kesadaran berbangsa, bernegara, serta keyakinan pada Pancasila sebagai dasar negara dan berpijak pada UUD 1945 sebagai konstitusi negara. Dimana salah satunya dengan mematuhi pasal 27 ayat 3 ini.

Baca juga:ย Bagaimana Fungsi DPR Berdasarkan UUD 1945? Simak Penjabarannya

Sehingga kesadaran bela negara termasuk satu hal yang esensial dan harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia (WNI), sebagai wujud penunaian hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara. Kesadaran bela negara menjadi modal dasar sekaligus kekuatan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

Dengan begitu, upaya bela negara harus dilakukan dalam rangka pembinaan kesadaran bela negara sebagai usaha mewujudkan penunaian hak dan kewajiban warga negara Indonesia (WNI).

Upaya pembelaan negara yang dilakukan adalah kesiapan dan kerelaan setiap warga negara untuk mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, keutuhan wilayah nusantara, dan hukum nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Namun, upaya tersebut tidak harus melalui keikutsertaan militer melainkan dengan mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional, seperti menjuarai olimpiade olahraga maupun bidang akademik.

Demikian makna dari bunyi Pasal 27 Ayat 3 UUD 1945. Semoga bermanfaat!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini