Share

Passing Grade Tidak Melulu Jadi Prediksi Peluang Diterima di Unpad, Ini Penjelasannya

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Minggu 06 Maret 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 65 2557138 passing-grade-tidak-melulu-jadi-prediksi-peluang-diterima-di-unpad-ini-penjelasannya-NQgsXJm5lq.jpeg Universitas Padjadjaran (Foto: Okezone)

JAKARTA'Passing grade' untuk memilih jurusan di perguruan tinggi negeri (PTN) impian selalu menarik perhatian. Hal ini juga disadari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Kampus yang terletak di Jatinagor, Sumedang ini pun berbagi informasi mengenai mekanisme masuk perguruan tinggi melalui Webinar Series Masuk PTN Impian.

“Mudah-mudahan dengan bergabungnya di acara ini dapat menambah motivasi para calon mahasiswa untuk bergabung menjadi mahasiswa Unpad,” ujar Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Isis Ikhwansyah mengutip laman resmi Unpad, Sabtu (5/3/2022).

Baca juga: Sarjana Matematika Unpad Bangun Bisnis Toko Digital Makanan Segar

Sementara itu, Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi menjelaskan, Unpad membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 25%, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dengan kuota 35%, dan Mandiri dengan kuota 40%.

Baca juga: Sukses Budi Daya Ikan dalam Ember, Ini Tips dari Dosen Unpad

Dalam memilih program studi, Dandi berpesan untuk tidak melihat passing grade atau nilai terendah dari masing-masing program studi untuk memprediksi peluang diterima di Unpad.

Adapun besarnya nilai pada passing grade tidak menggambarkan tingkat keketatan di Unpad. Dia menjelaskan yang paling bisa menggambarkan adalah daya tamping kampus terkait. “Jadi silakan cari daya tampungnya,” ujar Dandi kepada para calon mahasiswa Unpad.

Dandi menjelaskan, berdasarkan informasi daya tampung dan jumlah peminat pada tahun lalu, dapat diprediksi rasio keketatan di masing-masing program studi.

Dandi pun menilai, lulusan Unpad memiliki prospek kerja baik. Hal ini di antaranya dapat terlihat dari sejumlah lulusan Unpad yang memiliki karier yang baik. Dia pun menegaskan jika orang-orang yang masuk Unpad kemampuannya dapat dipertanggungjawabkan setelah keluar dari kampus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini