Share

Sarjana Matematika Unpad Bangun Bisnis Toko Digital Makanan Segar

Arif Budianto, Koran SI · Jum'at 25 Februari 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 65 2553034 sarjana-matematika-unpad-bangun-bisnis-toko-digital-makanan-segar-lfgZOT2oz6.jpg Foto: Anthon Budyana. (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Berkarier tentu saja tidak harus linier dengan bidang yang dipelajari. Bisa jadi pekerjaan atau bisnis yang digeluti berbeda jauh dengan background pendidikan, namun mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan, bisa memberi lapangan kerja bagi orang lain.

Seperti halnya pria asal Bandung Anthon Budyana. Background pendidikan sarjana matematika dari Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Magister Ekonomi Syariah dari UIN Sunan Gunung Djati, dia mampu mengaplikasikan ilmu ke dalam bisnis toko online Freshgo.id.

BACA JUGA: Hebat! Mahasiswa Unpad Ciptakan Produk Skincare Bisa Dikonsumsi

Anthon adalah founder dan CEO dari perusahaan tersebut. Dia adalah seorang pebisnis yang sudah jatuh bangun di berbagai industri. Pengalamannya itu mengantarkan dia menciptakan toko online, sebuah perusahaan supply chain hasil pertanian di Indonesia dengan skema bagi hasil yang menguntungkan di seluruh ekosistemnya baik dengan supplier, reseller, maupun customer

Selain menjual produk komoditi, perusahaannya juga mengembangkan produk produk yang dibutuhkan di masa pandemi. Seperti Parcel Buah, Hampers Buah, Healthy Juice, makanan olahan yang didinginkan (Frozen Food), produk produk ini memiliki value yang sangat tinggi.

Belum lama ini, dia melakukan pembukaan toko perdana Fresh Go Indonesia di Metro Trade Center Blok J 3 Bandung. Toko ini menjadi jawaban bagi masyarakat khususnya warga kota Bandung terhadap sebuah perusahaan yang melayani kebutuhan harian masyarakat di masa pandemi.

"Kami adalah perusahaan startup yang dibangun untuk memberikan dampak sosial yang tinggi, dimana kami telah berhasil menjadi salah satu alternatif belanja disaat aktivitas manusia terbatas karena Covid 19. Kami hadir melayani masyarakat yang memerlukan kebutuhan makanan pokok," katanya.

Di samping itu pihaknya juga telah mengupayakan membantu masyarakat yang terkena PHK. Yaitu dengan menyediakan platform berbasis digital kepada para agent atau resellernya dengan mudah. Dimana telah disediakan berbagai produk lebih dari 300 SKU serta telah terintegrasi dengan payment gateway dan kurir, sehingga platform tersebut sangat bisa digunakan dengan mudah.

Untuk menyasar market lebih besar, pihaknya juga telah banyak berkolaborasi dengan berbagai Komunitas seperti Gerakan Digital Nasional Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah, Parmusi, Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia, Kampung Agro dan Maritim Indonesia, dan tentunya Para Pelaku UMKM Indonesia.

Beragam prestasi telah diraih, mulai dari Juara 1 startup competition Tingkat kota Bandung dari Founders Live dan mendapatkan reward dari Amazon Web Service (AWS), Silver Medal dari CRI (Carnival Research Innovation) di Malaysia, dan 50 Besar startup Nasional dari Nakami.id dan Sinar Mas.

"Kami berharap kedepan bisa menjadi perusahaan supply chain yang bisa memasok kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia dengan jaminan kualitas barang yang baik dan pelayanan yang cepat," Imbuh dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini