Share

Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Berikut Penjelasannya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 22 Februari 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 624 2551175 kedudukan-pancasila-sebagai-ideologi-terbuka-berikut-penjelasannya-co8ilACJuq.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

JAKARTA - Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka harus dipahami oleh banyak orang. Karena ini akan berhubungan dengan keberlangsungan kehidupan bangsa di masa yang akan datang. Maka dari itu, artikel kali ini akan mengulas tentang hal tersebut.

Pancasila merupakan bentuk dari ideologi bangsa Indonesia yang terwujud dari pemikiran para tokoh yang berlandaskan nilai kebudayaan, adat dan juga nilai religius yang berkembang dalam lingkungan kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi atau nilai. Jadi Pancasila adalah lima sendi atau lima nilai yang menjadi pedoman bangsa Indonesia.

Saat ini zaman sudah semakin berkembang. Kemanjuan ilmu teknologi, pengetahuan, dan sarana komunikasi semakin pesat. Tentunya hal ini berpengaruh pada pembangunan nasional bangsa ini. Karena, globalisasi semakin memberikan dampak yang cukup luas bagi kehidupan bangsa. Tidak hanya seputar teknologi dan ilmu pengetahuan, namun juga merambah pada sektor ekonomi dan politik.

Baca juga: Arti Penting Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara, Rakyat Indonesia Wajib Mengerti

Lalu, bagaimana peran kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka? Berikut penjelasannya.

Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka adalah sebuah gagasan atau pandangan yang sifatnya tidak mutlak dan tidak dipaksakan. Dengan sifat yang dinamis sehingga dapat berinteraksi dengan kemajuan zaman. Sementara itu, kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki peran penting dengan sifat yang aktual, dinamis, dan antisipatif. Yang diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Pekerja Marahi Emak-Emak Terobos Jalan Sedang Dicor: Enggak Punya Pancasila Ibu

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan buku Pendidikan Kewarganegaraan karya Aim Abdulkarim, Pancasila harus tampil sebagai ideologi terbuka karena keterbukaan akan membawa bangsa ini beradaptasi dengan kemajuan zaman. Keterbukaan bukan berarti Indonesia akan merubah nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila, yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Melainkan menciptakan pemikiran dan wawasan bangsa agar dapat memecahkan masalah yang berkembang dengan aspirasi masyarakat yang didukung teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi terbuka.

Baca juga: Pancasila sebagai Satu Kesatuan yang Utuh

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini