Share

Arti Penting Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara, Rakyat Indonesia Wajib Mengerti

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 22 Februari 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 623 2551071 arti-penting-mempertahankan-pancasila-sebagai-dasar-negara-rakyat-indonesia-wajib-mengerti-4DMzpdHWEo.jpg Foto: Ist.

JAKARTA - Arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara harus diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan, Pancasila sesuai dengan kultur yang ada pada masyarakat Indonesia yang memiliki beragam suku, agama, dan kebudayaan. Maka dari itu, mempertahankan Pancasila berarti mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Pancasila sebagai Satu Kesatuan yang Utuh

Pancasila sendiri merupakan dasar negara yang telah ditetapkan sejak 18 Agustus 1945 oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Terdapat lima nilai yang saling berhubungan dalam Pancasila, yaitu dimulai dari Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan, dan Nilai Keadilan. Karena inilah Pancasila memiliki kedudukan yang istimewa. Kedudukan Pancasila juga telah tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Lantas, bagaimana dengan Arti Penting Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara? Berikut ulasannya.

Arti Penting Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara 

Menurut C.S.T Kansil menuliskan di dalam buku Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara mengatur kehidupan sosial, sistem perekonomian negara, sistem polituk dan kehidupan politik, kehidupan berbudaya, hubungan antra rakyat, kekuasaan yang menyangkut HAM, serta kehidupan perundang-undangan.

Dari penjelasannya tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Pancasila ada karena sesuai dengan falsafah kehidupan bangsa Indonesia. Karena di dalam Pancasila mengandung nilai yang bersfat sistematis, fundamental, serta menyeluruh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan demikian, mempertahankan Pancasila adalah suatu upaya bagi rakyat Indonesia untuk menjaga nilai-nilai atau falsafah bangsa yang terdapat didalam Pancasila untuk kemudian diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Pancasila bagaikan benteng untuk menghalau tantangan-tantangan yang berupa ancaman persatuan dan kedaulatan. Maka dengan mempertahankan Pancasila akan terwujud kehidupan yang rukun, damai, dan sejahtera.

Untuk mempertahankan Pancasila, anda dapat melakukannya dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Arti Penting Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini