Share

Tokoh-Tokoh Ini Lulusan Kampus di Jepang, Ada Emil Dardak dan Jerome Polin

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 21 Februari 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 65 2548882 tokoh-tokoh-ini-lulusan-kampus-di-jepang-ada-emil-dardak-dan-jerome-polin-NWWZMDlQEq.jpg Emil Dardak. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jepang terkenal sebagai negara cerdas dengan penduduknya yang gemar belajar. Negara ini juga kerap dijadikan referensi seseorang untuk melanjutkan pendidikan.

Berikut adalah orang-orang Indonesia yang berhasil lulus dari kampus di Jepang.

Emil Dardak

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak rupanya menamatkan pendidikan S3-nya di Ritsumeikan Asia Pasific University, Oita, Jepang. Pria kelahiran 1984 ini memang tergolong gemilang dalam dunia pendidikan.

Sebelum melanjutkan studi doktoralnya dan mendapat beasiswa ke Jepang, Emil Dardak sudah terlebih dahulu mengenyam pendidikan magister di Universitas Oxford pada 2013 hingga 2016. Dia mulai terjun ke dunia politik di tahun 2016 dengan menjadi Bupati Trenggalek sampai tahun 2019.

Khoirul Anwar

Penemu 4G asal Indonesia, Khoirul Anwar, ternyata juga merupakan lulusan kampus di Jepang. Khoirul lulus dari NAIST (Nara Institute of Science anda Technology) Jepang dan meraih gelar magister. Selanjutnya, ia juga meraih gelar doktor di universitas yang sama, dengan bantuan beasiswa dari sebuah perusahaan di Jepang.

Sementara jenjang S1 ditempuh Khoirul di ITB, Bandung dengan jurusan teknik elektro. Kini ia dan keluarganya menetap di Nomi, Ishikawa. Khoirul bekerja sebagai asisten profesor di JAIST (Japan Advanced Institute of Science and Technology).

Follow Berita Okezone di Google News

Jerome Polin Sijabat

YouTuber ternama yang juga banyak menjadi panutan kaum milenial Tanah Air, Jerome Polin, baru saja lulus dari Universitas Waseda, Jepang dengan jurusan matematika terapan. Pria asal Surabaya, Jawa Timur ini memang terkenal cerdas sejak masih duduk di bangku SMA.

Ia banyak mengikuti kompetisi matematika di tingkat nasional. Dalam konten YouTube-nya, Jerome kerap mengunggah video seputar cara cepat mengerjakan soal matematika. Dia juga sering mengajak rekan YouTuber lainnya untuk mengerjakan soal matematika bersama.

Kisah Jerome ini tentunya banyak menginsiprasi generasi muda. Bahkan, banyak penontonnya yang mulai menyukai matematika usai menonton konten-konten yang dibuat Jerome.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini