Share

Daftar Universitas dengan Bangunan Paling Megah di Dunia, Kampus Termegah Ada di Skotlandia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 13 Februari 2022 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 65 2545144 daftar-universitas-dengan-bangunan-paling-megah-di-dunia-kampus-termegah-ada-di-skotlandia-QNl05uYyVs.jpg University of Glasglow. (Foto: ican educations)

JAKARTA - Reputasi sebuah universitas merupakan hal paling penting untuk dipertimbangkan saat melanjutkan ke perguruan tinggi. Tapi bisa menjadi bagian dari kampus yang memiliki arsitektur indah tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

Apalagi saat ini kehidupan manusia tidak bisa jauh dari flexing di media sosial ketika menemukan tempat yang menarik. Berikut ini adalah beberapa universitas yang memiliki bangunan termegah dan terindah di dunia.

1. University of Glasgow, Skotlandia

Universitas Glasgow termasuk satu dari empat universitas tertua di Skotlandia, setelah Oxford, Cambridge, dan St. Andrew. Universitas Glasgow menyandang sebagai salah satu universitas bergengsi di Inggris dengan seleksi yang ketat dan reputasi sebagai tempat penelitian internasional yang menjadikannya masuk ke dalam list World Top 100 University.

Universitas yang didirikan pada tahun 1451 ini memiliki bangunan kampus yang tersebar di seluruh penjuru kota. Bangunan yang paling terkenal adalah gedung utama bernama Gedung Gilbert Scott. Diambil dari nama arsitek yang merancang bangunan tersebut, Sir George Gilbert Scott.

Bangunan ini tidak hanya megah, tapi juga menjadi bagian dari arsitektur kebangkitan gotik di Inggris. Gedung Gilbert Scott berdiri setinggi 278 kaki. Saat ini Universitas Glasgow memiliki lebih dari 25.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

2. Lomonosov Moscow University, Rusia

Universitas yang memiliki nama lain Moscow State University ini didirikan pada tahun 1755 oleh Mikhail Lomonosov. Universitas Lomonosov menempati posisi 150 teratas pada QS World University Rankings. Bangunan utama kampus ini adalah salah satu bangunan universitas paling megah dan spektakuler di dunia.

Bangunan ini dirancang oleh Lev Vladimirovich Rudnev yang pembangunannya selesai pada tahun 1953. Universitas Lomonov menampung sekitar 47.000 mahasiswa dan 4.000 mahasiswa internasional setiap tahunnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3.Trinity College Dublin, Irlandia

Trinity adalah universitas paling bergengsi di Irlandia. Menduduki rangking nomor 1 di Irlandia dan nomor 101 di dunia (dilansir dari QS World University Ranking 2021). Sementara berdasarkan Times Higher Educational Rankings 2021 dalam predikat Univeritas Paling Global di Dunia, Trinity College menempati urutan ke-8.

Universitas ini berdiri sejak tahun 1592 dan populer dengan historikalnya sebagai kampus yang unggul dalam segi pendidikan, inovasi, dan penelitian. Trinity College memiliki luas sekitar 47 hektare di jantung Kota Dublin. Bangunan paling terkenal dari Trinity College adalah perpustakaannya.

Didapuk sebagai perpustakaan terbesar di Irlandia, Trinity College Library memiliki lebih dari 6 juga volume cetakan dan menerima semua salinan naskah yang diterbitkan di Inggris dan Irlandia. Salah satu naskah terkenal di perpustakaan ini adalah Book of Kells.

4.University of Rome, Italia

Dikenal dengan nama “La Sapienza” University of Rome adalah universitas terbesar di Italia. “Sapienza” sendiri memiliki arti “kebijaksanaan” atau “pengetahuan” dalam bahasa Italia. Universitas ini didirikan pada tahun 1303.

Kampus La Sapienza memiliki bangunan utama bernama “Citta Universitaria” yang merupakan rancangan arsitek Marcello Piacentini dan diresmikan pertama kali pada tahun 1935. Di bangunan kampus inilah seluruh kegiatan akademik dilakukan mulai dari administrasi, layanan perpustakaan, dan museum.

5.University of Salamanca, Spanyol

Universitas Salamanca yang berdiri sejak tahun 1218 merupakan universitas tertua di Spanyol dan menjadi universitas pertama yang menawarkan program kursus bahasa Spanyol kepada mahasiswa asing pada tahun 1929 hingga sekarang.

Universitas Salamanca terletak di bagian barat daya Spanyol, di antara Castilla dan Léon. Saat ini, Universitas Salamanca telah mengalami berbagai renovasi pada bangunannya, namun tidak menghilangkan ciri khas yang telah diwariskan berabad-abad.

Dilansir dari berbagai sumber

Alifia Nur Faiza/Litbang MPI

 

 

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini