Share

PTKIN 2022 Dibuka, Simak Ketentuan Jumlah Pilihan Program Studi

Tim Okezone, Okezone · Rabu 19 Januari 2022 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 65 2534470 ptkin-2022-dibuka-simak-ketentuan-jumlah-pilihan-program-studi-rxWg8j6K3W.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Pelamar Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk (SPAN - UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2022 harus memperhatikan sejumlah ketentuan yang ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag). Salah satunya tentang pilihan program studi.

Melansir situs SPAN-PTKIN, Rabu (18/1/2022), ketentuannya sebagai berikut:

1. Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.

2. Siswa pelamar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.

3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

4. Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN

program ini merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Ikut Seleksi Masuk PTKIN 2022, Cek di Sini

Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Adapun jadwal lengkap seleksi program ini telah diumumkan, sebagai berikut:

Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS): 07 - 28 Februari 2022

Verifikasi PDSS: 07 - 28 Februari 2022

Pendaftaran (siswa): 04 - 31 Maret 2022

Pengumuman Hasil Seleksi: 15 April 2022

Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi ditetapkan di masing-masing PTKIN

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini