Share

Menjelang Akhir Tahun 2021, UNS Tambah 4 Guru Besar Baru

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Rabu 15 Desember 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 65 2517429 menjelang-akhir-tahun-2021-uns-tambah-4-guru-besar-baru-Jm2AqJ04xi.jpg Foto: ist.

JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2021 Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menambah empat guru besar baru dari berbagai bidang di kampus yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah ini.

Keempat guru besar tersebut yaitu Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si. M.Si. Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Fotokatalis pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D. Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT), Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si. Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Material Sel Surya FMIPA, dan terakhir Prof. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P. Guru Besar Bidang Ilmu Hortikultura Fakultas Pertanian (FP).

BACA JUGA: Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, Ini Prodi yang Disiapkan UNS

Keempat guru besar ini, akan dikukuhkan dalam Sidang Senat Akademik Terbuka UNS pada Rabu (15/12/2021) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si. M.Si., yang merupakan guru besar ke-241 UNS dan ke-19 FMIPA UNS, akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Material Fotokatalis: Tantangan Dan Potensi Pengembangan di Indonesia.

Prof. Sayekti mengatakan, berawal dari menerjemahkan kata, foto bermakna energi cahaya sedangkan katalis adalah senyawa/materi yang menginisiasi reaksi sehingga fotokatalis adalah reaksi yang berjalan dengan bantuan sinar atau cahaya.

BACA JUGA: UNS Tanda Tangani MoU Kemitraan dengan Perusahaan Korsel

Material fotokatalis akan menerima energi cahaya dan dipergunakan untuk transisi elektronik (perpindahan elektron) dari elektron di keadaan dasar ke keadaan tereksitasi.

Pada material fotokatalis semikonduktor disebut dengan valance band (VB) sebagai keadaan dasar, dan conduction band (CB) sebagai keadaan tereksitasi. Teknologi fotokatalis merupakan salah satu teknologi yang ramah lingkungan (green technology).

Pemanfaatan teknologi fotokatalis ini sangat cocok diterapkan di negara tropis yang banyak mendapatkan paparan sinar matahari.

Pada Riset group (RG) Material Anorganik, pihaknya memfokuskan pada persiapan material anorganik meliputi pemisahan dan pemurnian bahan anorganik alam, Sintesis material dan komposit nanomaterial, fungsionalisasi material anorganik.

Selanjutnya diarahkan untuk aplikasi material fotokatalis, DSSC’s, material swabersih (self-cleaning), sistem pembawa obat (drug delivery), teknologi pemisahan (separation technology).

“Khusus pada pengembangan material fotokatalis yang kami paparkan pada kesempatan ini meliputi aspek-aspek pemisahan dan pemurnian bahan alam mineral anorganik, sintesis material anorganik dan optimasi nanostructure dan pengembangan aplikasi material anorganik. Terdapat setidaknya tiga sumber daya alam yang sudah dikembangkan untuk material fotokatalis yaitu pasir besi, pasir silika, dan ilmenite,” katanya melansir laman resmi UNS, Selasa (14/12/2021).

Kemudian Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D. yang merupakan guru besar ke-242 UNS dan ke-19 FT UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Peran Ilmu Termofluida Dalam Tingkatkan Performa Termal Menuju Hemat Energi Berwawasan Lingkungan.

Lalu Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si. merupakan guru besar ke-243 UNS dan ke-20 FMIPA UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Peran Sains Material Sel Surya Berbasis DSSC dalam Inovasi Energi Baru Terbarukan Menuju Transisi Energi.

Sedangkan Prof. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P. merupakan guru besar ke-244 UNS dan ke-37 FP UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Peran Bahan Tanam Dalam Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Hortikultura.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini