Share

Tempe Mendoan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya, SMK di Banyumas Gelar Festival

Saladin Ayyubi, iNews · Kamis 11 November 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 624 2500350 tempe-mendoan-ditetapkan-sebagai-warisan-budaya-smk-di-banyumas-gelar-festival-mendoan-lLlf2mqcOl.jpg Foto: Instagram.

PURWOKERTO – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan tempe mendoan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia dalam sidang penetapan warisan budaya tak benda Indonesia tahun 2021 di Jakarta, Untuk merayakan penetapan ini, sebuah sekolah mengadakan Festival Mendoan sebagai sebagai ungkapan kebahagiaan dan rasa syukur mereka.

Festival yang digelar di halaman Sekolah Menengah Kejuruan Swagaya 2 Purwokerto, Kabupaten Banyumas ini diikuti perwakilan para siswa dari masing-masing kelas, yang masing-masing mengirim tiga perwakilan.

BACA JUGA: Mantap! Tempe Mendoan Banyumas Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Meski diikuti oleh siswa yang cenderung jarang membuat mendoan, Festival Mendoan ini justru bisa berlangsung meriah dan antusias. Hal ini terlihat dengan cara siswa membuat mendoan yang melalui tahap-tahap seperti membuat bumbu, mengiris daun bawang sebagai campuran tepung, dan menggoreng tempe mendoan.

BACA JUGA: Ini Cara Bikin Tempe Mendoan Lezat yang Cocok Dinikmati saat Hujan

Selain sebagai ungkapan rasa syukur,festival ini juga dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan mendoan sebagai makanan khas asli Banyumas. Menurut kepala sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Swagaya 2 Purwokerto Veronica Rahayu, festival ini juga melalui penjurian yang dilakukan oleh guru-guru yang sudah terpilih.

Dalam penjurian festival mendoan ini pihak juri memberikan kriteria nilai dari segi kreasi, proses pembuatan, tampilan, rasa, dan tata. Sementara sejumlah siswa peserta mengaku meski tidak begitu mahir menghias mendoan, namun ia sudah terbiasa membantu orang tuanya membuat mendoan.

Mereka juga merasa senang bisa ikut melestarikan mendoan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia.

Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng dengan cara setengah matang atau dalam bahasa Banyumas, mendo. Tempe mendoan menggunakan tempe khas banyumas yang bentuknya tipis// kemudian tempe dibalur campuran tepung dan bumbu serta ditambah daun bawang atau muncang dan kucai, kemudian tempe ini digoreng mendo atau setengah matang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini