Mahasiswi UNS Sabet Dua Gelar Sekaligus dalam Ajang Aection 3.0

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 65 2486468 mahasiswi-uns-sabet-dua-gelar-sekaligus-dalam-ajang-aection-3-0-Y6tlfC2Bbb.jpg Mahasiswi UNS juara lomba/ humas uns

SOLO - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi. Kali ini datang dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia yang baru saja menyabet dua gelar yakni juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 Institut Pertanian Bogor (IPB).

(Baca juga: Viral! Mahasiswi Ini Ungkapkan Beratnya Kuliah di UI)

Lomba tersebut adalah salah satu dari tiga cabang yang diperlombakan di ajang yang digelar tiap tahun tersebut.

Fiska, sapaan akrabnya, dinyatakan menang melalui poster yang berjudul “Pentingnya Jiwa Entrepreneurship pada Generasi Milenial dengan Menciptakan Produk Kreatif”. Poster tersebut dianggap mampu merepresentasikan tema Aection 3.0 yaitu Generasi Kreatif Pembangun Ekonomi Menuju Indonesia Gemilang.

(Baca juga: Gandeng CESASS UGM, FISIP UNS Gelar DIG-Asia Summer Course 2021)

Dia mengaku sangat senang atas raihannya ini. Selain senang karena puas, Fiska mengatakan dapat menyalurkan pemikirannya tentang dunia kewirausahaan yang dia tekuni.

“Perasaan saya Alhamdulillah senang karena bisa menuangkan ide, gagasan, dan harapan dalam sebuah poster. Kebetulan tema posternya sesuai dengan latar belakang saya sebagai seorang wirausaha,” ujar Fiska dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Mahasiswi asal Sragen ini memang sudah menekuni dunia wirausaha sejak 2017 lalu. Dia memiliki usaha di bidang kuliner yakni memproduksi aneka macam bronis. Kue bronis yang dia beri nama Bronislur itu terbilang cukup sukses bahkan dapat meningkatkan omset di tengah pandemi Covid-19. Usaha tersebut juga mendapat pendanaan dari Program Mahasiswa Wirausaha Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Pengalamannya sebagai wirausahawan membuatnya tergerak untuk membuat poster ini. Sejumlah informasi, tips, dan trik tentang wirausaha Fiska beberkan dalam poster buatannya tersebut. Dalam poster tersebut, Fiska mengajak generasi milenial untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media sosial. Dengan adanya poster tersebut, Fiska berharap banyak pemuda yang mengikuti jejaknya sebagai wirausahawan.

“Harapan saya dari poster ini yaitu semakin menambah semangat generasi milenial untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Republik Indonesia dengan cara menjadi young entrepreneur. Jadi, siapkah kita menjadi generasi milenial yang mengambil bagian untuk mempercepat laju perekonomian Indonesia?” tukasnya.

Kemenangan Perdana

Capaian Fiska kali ini merupakan kemenangan pertamanya di lomba poster. Fiska mengaku telah mengikuti puluhan lomba poster, tapi tidak berhasil mendapatkan predikat. Dengan pantang menyerah dan usaha keras, Fiska akhirnya dapat memenangkan lomba poster kali ini.

“Ini kali pertama saya juara lomba poster tahun ini setelah ada 10 kali gagal. Latar belakang saya memang bukan anak seni, jadi bikin poster hanya iseng-iseng sehingga saya banyak kalahnya pas ikut lomba poster. Alhamdulillah kali pertama di tahun ini juara lomba poster sekaligus dua kategori, juara 2 dan juara favorit,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini