Kakek 85 Tahun Ini Jadi Sarjana, Diwisuda Bareng Bekas Muridnya

Andhy Eba, iNews · Kamis 14 Oktober 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 65 2486259 kakek-85-tahun-ini-jadi-sarjana-diwisuda-bareng-bekas-muridnya-PLFrCsIkI5.jpg Kakek 85 tahun lulus menjadi sarjana (Foto: iNews/Andhy Eba)

MAKASSARBelajar adalah proses seumur hidup. Mungkin hal ini pula yang menjadi alasan kuat bagi kakek La Ode Muhammad Sidik, yang berusia 85 tahun. Seolah tidak mengenal umur, kakek ini tidak putus asa menuntut ilmu di usia senja.

Kakek Sidik baru saja tercatat sebagai sarjana di Kota Baubau. Dia menyelesaikan skripsi dibantu oleh dosen pembimbing yang ternyata adalah bekas muridnya saat dirinya mengajar di SMP puluhan tahun silam. "Beberapa dosen di sana juga bekas murid-murid saya," ujarnya.

Kakek ini berhasil tamat dengan nilai IPK memuaskan di Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) pada 2019 lalu. Sebetulnya masa studinya bisa diselesaikan pada 2015 lalu. Namun karena alas an sakit, sang kakek lebih memilih beristirahat.

"Saya mulai kuliah 2012. Lalu 2014 selesai KKN, setelah itu sempat sakit," terangnya, Minggu (17/11/2019). Namun begitu sembuh dia tetap bersemangat untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan yang sudah diincarnya sejak lama.

(Baca juga: Kisah Para Lansia Wariskan Keahlian yang Tidak Diajarkan di Sekolah ke 1.000 Anak)

Dia kembali melanjutkan kuliah hingga akhirnya sidang pada Oktober 2019. Kini Kakek Sidik akhirnya meraih gelar sarjana dengan IPK memuaskan, yakni 3,5. Uniknya, prosesi wisuda pria lanjut usia (lansia) ini berbarengan dengan sejumlah murid-muridnya yang pernah belajar ketika masih SMP.

Kakek Sidik mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Skripsi berjudul "Mengkaji Puisi Wolio Buton dalam Sastra Indonesia" mengantarkan dia sebagai salah satu wisudawan yang menginspirasi di kampus tersebut. Sidik mengatakan, gelar sarjana ini dia persembahkan untuk anak dan cucunya. Bahkan, dia bercita-cita melanjutkan kembali pendidikannya ke tingkat magister (S2) bila ada kesempatan.

(Baca juga: Petugas Panti Jompo Tampar dan Semprotkan Deodoran ke Kakek 79 Tahun)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini