Did You Know: Langit Indah Berwarna Ungu Ternyata Simpan Ancaman Bahaya!

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Jum'at 24 September 2021 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 65 2475621 did-you-know-langit-indah-berwarna-ungu-ternyata-simpan-ancaman-bahaya-CJ61Sp14zn.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Warna-warni di langit saat terbit dan tenggelam sangatlah indah dipandang mata. Namun, dibalik keindahannya tersebut, ternyata ada fenomena yang harus diwaspadai.

Apakah kamu tahu, beberapa waktu silam, di negara Jepang terjadi bencana setelah munculnya warna ungu di langit. Wah, penasaran bukan mengapa hal itu bisa terjadi?

Sebelum membahas fenomena tersebut, kamu perlu tahu warna-warni di langit disebut juga sebagai fenomena hamburan. Dilansir dari news.wisc.edu, profesor meteorologi di UW-Madison, Steven Ackerman mengatakan, warna matahari terbenam dihasilkan oleh fenomena yang disebut hamburan.

Baca juga: Did You Know: Heliconia, Bunga Mirip Paruh Burung Beo yang Kurangi Polusi Udara


Baca juga: Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Vivipar dan Ovipar, Apa Bedanya?

Saat senja, molekul dan partikel kecil di atmosfer mengubah arah sinar cahaya yang menyebabkan sinar tersebut menyebar. Hamburan yang mempengaruhi warna cahaya ini ditentukan dari panjang pendeknya gelombang cahaya dan ukuran partikel.

Molekul udara dengan jumlah yang banyak akan menghasilkan warna biru dan ungu. Hal ini mengapa kita selalu melihat warna biru dan ungu dari segala arah, karena kita tak dapat melihat warna violet dengan baik.

Meteorolog Lauren Rautenkranz juga mengatakan panjang pendeknya gelombang yang tersebar di segala arah memantul dari partikel ke partikel hingga akhirnya mencapai mata Anda. Tapi langit tidak tampak ungu dan biru karena keterbatasan mata kita.

Fenomena langit ungu di Jepang terbukti menjadi pertanda akan terjadinya badai yang mengerikan. Langit merah muda ungu di Jepang menyembunyikan bencana besar yaitu bencana Topan Hagibis yang diperkirakan memiliki kecepatan hingga 160 km per jam di pusatnya.

Meski mempesona, selimut warna-warni ini disusul dengan bencana alam dahsyat yang telah menewaskan sedikitnya 40 orang. Kehadiran badai besar, diikuti oleh hujan lebat, dapat menyapu partikel yang lebih besar dengan kapasitas penyerapan cahaya yang lebih baik.

Oleh sebab itu, apabila kamu menemukan fenomena langit berwarna ungu seperti di Jepang, kamu harus waspada ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini