Mengenal Program Fast Track UI, Kuliah Jadi Lebih Cepat

Neneng Zubaidah, Koran SI · Selasa 31 Agustus 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 65 2463698 mengenal-program-fast-track-ui-kuliah-jadi-lebih-cepat-vErwXpwaHA.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memiliki program yang memungkinkan mahasiswanya lebih cepat menyelesaikan kuliah di program sarjana dan magister. Program ini tersedia di berapa fakultas di kampus berjaket almameter kuning ini.

Dikutip dari Instagram resmi UI di @univ_indonesia, Senin (30/8/2021), program Fast Track merupakan program percepatan perkuliahan yang memungkinkan mahasiswa UI meraih gelar sarjana sekaligus magister dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga:  ToothBites, Inovasi Pasta Gigi Bentuk Permen dari Mahasiswa UI

Ada beberapa fakultas di UI yang menyelenggarakan program fast track. Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Program Fast Track ini memungkinkan seorang mahasiswa menyelesaikan jenjang pendidikan Sarjana dan jenjang Magister hanya dalam waktu lima tahun saja.

Baca juga:  Aplikasi ParuKu UI Raih Penghargaan di NUS Medical Grand Challenge

Pengintegrasian program sarjana dan magister dilakukan dengan mengijinkan mahasiswa Sarjana, yang memenuhi kualifikasi program Fast Track mengambil mata kuliah magister tahun pertama sebagai Mata Kuliah Pilihan sehingga saat duduk sebagai mahasiswa program magister, mahasiwa yang bersangkutan cukup menyelesaikan sisa mata kuliah di program magister dalam waktu 1 tahun.

Berbeda dengan yang dilakukan di FT, FASILKOM, dan FMIPA, di Fakultas Kedokteran juga terdapat program Fast Track yang bekerja sama dengan universitas mitra di luar negeri yaitu University Newcastle Upon Tyne untuk program Kelas Internasional yang akan ditempuh selama 6,5 tahun dan akan mendapatkan gelar M.Res setelah lulus. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini