Orangtua Bisa Pantau Capaian Siswa Lewat Rapor Digital Madrasah secara Real Time

Widya Michella, MNC Media · Senin 23 Agustus 2021 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 65 2459517 orangtua-bisa-pantau-capaian-siswa-lewat-rapor-digital-madrasah-secara-real-time-8YFOUWDUyz.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Kini Madrasah, Guru dan Orang tua siswa dapat memantau perkembangan capaian kompetensi siswa secara real time, lewat Rapor Digital Madrasah (RDM). Aplikasi ini akan digunakan oleh 87.000 madrasah pada berbagai tingkatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui RDM, analisis dan penggambaran grafik perkembangan kompetensi siswa juga dapat diketahui secara cepat dan akurat. Atas dukungan data tersebut, diharapkan guru dapat memberikan program perbaikan pembelajaran dan pengayaan secara tepat baik dari sisi waktu maupun mutu.

Baca juga:  2.666 Madrasah Bakal Diguyur Anggaran Bantuan Afirmasi Rp399,9 Miliar

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Isom mengatakan, RDM menjadi penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang digunakan sebelumnya dalam mengoptimalkan layanan pembelajaran di madrasah.

"Peluncuran RDM ini melengkapi platform pembelajaran “E-learning Madrasah” yang berjalan selama pandemi. RDM hadir dengan menu yang lebih lengkap serta memudahkan guru, siswa, dan kepala madrasah dalam melakukan perencanaan, proses, dan penilaian serta pelaporan hasil belajar madrasah," jelas Isom demikian dikutip pada laman resmi Kemenag.

Baca juga:  Akademi Madrasah Digital 2021, Sebanyak 100 Peserta Dilatih Menguasai IT

Ia menambahkan, aplikasi RDM juga telah terintegrasi dengan pangkalan data EMIS guna mewujudkan layanan data tunggal di Kementerian Agama (Kemenag) sehingga validitas data di madrasah dapat terjamin. Di samping itu, guru dan operator madrasah lebih mudah dan cepat dalam mengelola administrasi penilaian hasil belajar di madrasah secara online dari mana saja dan kapan saja.

"RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah dimana seluruh data nilai siswa madrasah tersimpan di server pusat serta dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Karena RDM sudah terintegrasi dengan EMIS maka saat siswa akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui LTMPT, tidak perlu lagi siswa menginput data nilai secara manual, karena seluruh data nilai siswa sudah tersedia," pungkasnya. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini