Pelamar Formasi Guru PPPK Diharap Linier dengan Kualifikasi Akademik

Neneng Zubaidah, Koran SI · Sabtu 24 Juli 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 65 2445310 pelamar-formasi-guru-pppk-diharap-linier-dengan-kualifikasi-akademik-0ExkQ9SbcC.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani mengatakan, linieritas kualifikasi akademik oleh calon pendaftar guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah untuk penataan kembali guru-guru di Indonesia.

"Guru yang mengajar, yang mengampu mata pelajaran itu kita harapkan linier dengan kualifikasi akademik yang dimilikinya," tutur Nunuk pada konferensi pers secara daring, Jumat (23/7/2021).

Baca juga:  Guru Diminta Bantu Sosialisasi Vaksin Covid-19 ke Siswa

Nunuk menjelaskan, peraturan tentang linieritas kualifikasi akademik ini diatur dalam surat edaran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan No 1460 yang diedarkan tahun ini untuk kepentingan pengadaan guru PPPK.

Baca juga:  Kekurangan Tenaga Medis, Guru Turun Tangan Bantu Vaksinasi Warga

Menurutnya, guru PPPK yang diutamakan memang yang memiliki sertifikat pendidik. Namun, katanya, saat ini tidak semua guru non ASN ini telah memiliki sertifikat pendidik.

"Sehingga jika tidak punya sertifikat pendidik maka pelamar dapat mendaftar sesuai dengan kualifikasi akademiknya," terangnya.

Hal mengenai kualifikasi akademik ini, katanya, diatur didalam lampiran surat edaran tersebut. Contoh kasus misalnya, jika ada lulusan pendidikan S1 sejarah kemudian kualifikasi formasi di sekolah yang ditawarkan itu geografi.

Maka dalam table kualifikasi akademik S1 pendidikan sejarah itu dijelaskan apa yang linier dengan mengajar geografi.

"Nah apa saja yang linier, prodi saya apa, bisa mengajar apa. Dalam SE itu ada 436 lampiran. Calon guru ASN PPPK bisa mengeceknya," pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini