Inovasi Nge-charge Baterai HP Tanpa Kabel, Kok Bisa?

Adhyasta Dirgantara, Okezone · Kamis 03 Oktober 2019 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 03 65 2112393 inovasi-nge-charge-baterai-hp-tanpa-kabel-kok-bisa-LT4NLKGSDq.jpg Inovasi Charge HP tanpa Kabel. (Foto: Okezone.com/Dyas)

JAKARTA - Inovasi menjadi salah satu aspek penting untuk meraih kesuksesan. Pasalnya, kita bisa dari jalur yang biasa dilalui orang, sehingga menjadi orang yang luar biasa.

Salah satu contohnya adalah inovator dari Universitas Kristen Petra, Surabaya. Berjumlah 15, orang-orang ini berhasil menciptakan sebuah teknologi yang mampu membuat ponsel bisa di charge tanpa menggunakan kabel bernama Wireless Battery.

Baca Juga: Ternyata Bonggol Jagung Bisa untuk Bahan Dasar Plastik, Caranya?

"Ide tercetus dari salah satu dosen Petra, namanya Pak Felix. Kemudian 6 bulan kemudian, baru deh jadi Wireless Battery (Wibat)," ungkap salah satu inovator Bayu Novi saat ditemui Okezone di Jakarta Convention Center Hall B, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Ngecas Tanpa Kabel

Wireless Battery merupakan sebuah alat berbentuk persegi panjang yang bisa menyatu dengan case handphone. Di dalamnya, terdapat solar cell sebagai penangkap cahaya dan ada sel aktif baterai supaya bisa membuat HP ke-charge saat menempel dengan Wibat.

Baca Juga: Penataan Lanskap Istana Presiden di Cipanas Libatkan IPB dan Mahasiswa

Caranya pun sangat mudah, hanya perlu berada dekat dengan cahaya seperti lampu. Bahkan, di ruang terbuka di mana matahari tidak terhalang saja sudah bisa ngecharge. Kemudian, baterai handphone akan mulai terisi seiring dengan kekuatan cahayanya.

"Lebih fleksibel dan dinamis daripada bawa powerbank," tambah Bayu sambil tersenyum.

Perlu diketahui, penjualan Wibat belum akan dilaksanakan karena belum diproduksi untuk masal. Namun Wibat sudah mendapat hak paten di mana berfungsi untuk mematenkan bahwa produk ini buatan orisinil mereka. Adapun Kemenristekdikti yang membantu penerimaan hak paten ini.

Ke depannya, diharapkan Wibat bisa lebih sensitif lagi untuk cahaya, kemudian Wibat akan dislim lagi agar lebih kecil bentuknya dan lebih simpel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini