Share

Kemdikbud Ingin Planetarium Jakarta Dikelola Secara Modern

Taufik Fajar, Okezone · Sabtu 27 April 2019 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 27 65 2048836 kemdikbud-ingin-planetarium-jakarta-dikelola-secara-modern-BZARAAJhR3.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid menghadiri kegiatan Sarasehan bertemakan Planetarium Jakarta, Dulu, Kini dan Nanti di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Hilmar mengatakan, pengetahuan masyarakat Indonesia pada alam semesta sudah sejak lama ada aplikasinya salah satunya Planetarium dan Observatorium Jakarta. Namun tidak banyak yang diangkat oleh media.

"Kita tahu astronomi sangat banyak bermanfaat untuk sekarang seperti kita membaca air seperti orang Bugis adalah perbedaan ombak arus suhu air itu sangat penting bagi navigasi saat di laut," ujarnya, Sabtu (27/4/2019).

 Baca Juga: Peringati 50 Tahun, 'Ilmu' Planetarium Jakarta Bakal Ditingkatkan

Maka itu lanjut dia, pihaknya ingin Planetarium dan Observatorium Jakarta ini dikombinasi antara modern dengan tidak modern. Pasalnya masyarakat akan bisa mengenal alam semesta lewat sains

"Jadi, kita harus mengenalkan Planetarium dan Observatorium lebih baik lagi pada masyarakat menggunakan metode kombinasi tersebut," ungkap dia.

 Baca Juga: Planetarium Jakarta, Lapan: Milenial Bisa Belajar Alam Semesta

Dia menuturkan bahwa sarasehan ini membuka percakapan tentang sejarah, politik dan pengetahuan. Pasalnya masyarakat tidak terlalu kritis pada sesuatu hal, seperti tatanan kata yang keliru sejak dulu masih tetap diikuti.

"Setiap susunan ilmu atau sejarah akan mewarnai kontennya dan ini sangat bermanfaat. Dan setelah ini membuka percakapan baru dengan bidang yang dipikir secara kritis," tutur dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini