Share

Mendikbud Pantau Ujian Nasional SMP di Mimika

Saldi Hermanto, Okezone · Senin 23 April 2018 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 65 1890366 mendikbud-pantau-ujian-nasional-smp-di-mimika-HYhgIi5WgO.jpg Foto: Saldi/Okezone

TIMIKA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan ujian nasional pada empat sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (23/4/2018). Dari hasil tinjauannya itu, pelaksanaan ujian di Mimika dianggap cukup baik.

Sesuai janjinya, Mendikbud meninjau ke wilayah pinggiran Papua, salah satunya di Kabupaten Mimika untuk memantau pelaksanaan ujian baik berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas pensil (UNKP).

"Sesuai dengan janji saya untuk mengecek kesiapan dan pelaksanaan ujian nasional baik yang berbasis komputer maupun yang berbasis kertas saya akan lihat yang paling pinggir. Karena yang paling pinggir ini dari segi sarana prasarana kemudian juga dari aspek penyelenggaraan mungkin masih banyak kekurangan," kata Muhadjir disela kunjungannya ke SMPN II Mimika.

Dari hasil kunjungannya ke sejumlah sekolah, menurutnya sudah sangat baik mulai dari persiapan hingga pelaksanaan ujian.

"Menurut saya sudah sangat baik, baik yang memakai kertas maupun yang memakai komputer sudah berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku, kecuali di beberapa tempat tadi yang karena wilayah konflik, sehingga pertukaran pengawas untuk ujian ini tidak bisa dilaksanakan dengan baik dan itu karena memang dalam keadaan khusus ya," terangnya.

Sesuai data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), peserta pelaksana ujian nasional tingkat SMP di Kabupaten Mimika berjumlah 3.492 siswa dengan jumlah sekolah pelaksana ujian sebanyak 56 sekolah. Sedangkan untuk ujian paket B dan C sebanyak 913 orang dari 29 satuan pendidikan non formal.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini