Share

Lamar Kerja di Job Portal, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Agregasi Sabtu 24 Februari 2018 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 23 65 1863595 lamar-kerja-di-job-portal-perhatikan-5-hal-penting-ini-YRFdRB1zG2.jpg Foto: Shutterstock

Di zaman modern ini, cari kerja sudah jauh lebih mudah dengan adanya job portal. Satu portal saja sudah menyediakan ratusan, bahkan ribuan lowongan kerja online terbaru yang bisa kamu pilih. Melamar lewat portal ini pun sangat mudah, cukup membuat akun di job portal yang ingin kamu gunakan dan setelahnya kamu sudah bisa melamar pekerjaan yang kamu inginkan. Meskipun mudah, kamu tidak boleh melupakan hal berikut sebelum menekan tombol lamar sekarang.

1. Research perusahaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin melamar pada lowongan kerja online terbaru, baik online maupun offline adalah melakukan research pada perusahaan yang akan kamu tuju. Melakukan hal ini sebelum melamar akan memberikan beberapa manfaat sekaligus bagi kamu, seperti:

- Terhindar dari penipuan

Belakangan ini ada banyak kalangan tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kebutuhan setiap orang untuk bekerja agar mendapatkan sejumlah uang lewat penipuan. Di sinilah pentingnya kamu melakukan research tentang perusahaan yang kamu tuju.

Carilah situs resmi perusahaan tersebut dan pastikan apakah mereka memang sedang membuka lowongan kerja atau tidak. Kamu juga bisa memastikan hal ini dengan mencari informasi mengenai perusahaan tersebut di media sosial, job portal, atau bertanya pada komunitasmu.

- Meyakinkan dirimu

Dengan mendapatkan berbagai informasi mengenai perusahaan yang dituju, kamu bisa mendapatkan gambaran apakah perusahaan tersebut cocok dengan kebutuhanmu. Saat sudah mendapatkan gambaran, kamu akan lebih yakin untuk membuat keputusan untuk mengajukan lamaran.

- Bekal interview

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan para HR pada tahap lanjutan seleksi adalah “Apa yang kamu tahu mengenai perusahaan ini?”. Tentu saja saat bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik, kamu akan mendapatkan nilai lebih di mata pewawancara karena dianggap memiliki minat besar pada perusahaan mereka. Untuk itu, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan tersebut.

2. Update profil

Terus memperbaharui profil, baik di akun profesional maupun akun job portal adalah hal yang penting. Coba ingat sudah berapa lama sejak kamu membuat akun-akun tersebut dan kapan kamu teakhir kali memperbaharuinya. Dalam jangka waktu tadi, pasti ada pengalaman atau keahlian yang sudah kamu dapatkan. Pengalaman dan keahlian baru itu akan jadi nilai tambah kamu, Sobat.

3. Percantik CV

Mempercantik CV bukan berarti kamu melebih-lebihkan pengalaman dan keahlian yang kamu cantumkan. Mempercantik yang dimaksud adalah menambahkan kata kunci sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Contohnya jika kamu ingin melamar sebagai seorang sales, kamu bisa menambahkan keahlian berkomunikasi dalam penjelasan singkat mengenai dirimu dan memasukan pengalaman yang mendukungmu untuk menjadi sales yang sukses.

4. Jangan lupa cover letter

Meskipun beberapa perusahaan tidak meminta kamu menyerahkan surat lamaran atau cover letter, akan lebih baik jika kamu tetap memberikan dokumen ini bersama dengan CV dan kelengkapan lain. Lewat cover letter, kamu bisa menjelaskan lebih lengkap mengenai pengalaman dan keahlian kamu yang belum tercantum di CV.

5. Pastikan kamu mengirim dokumen yang tepat

 

Kamu mengajukan lamaran ke berbagai perusahaan untuk posisi yang berbeda-beda? Jika iya, kamu harus teliti Sobat. Jangan sampai kamu mengirim CV dan resume yang kamu susun untuk posisi marketing padahal yang kamu tuju adalah posisi reporter.

Setelah melakukan research, update CV, dan membuat cover letter, ada baiknya jika kamu membaca lagi semua dokumen yang akan kamu kirimkan untuk melamar lowongan kerja online terbaru. Pastikan bahwa yang akan kamu kirimkan adalah dokumen yang tepat.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini