Share

Keren! Puluhan Mahasiswa di Surabaya Ini Bikin Mobil Listrik 'Move On'

Agregasi Antara, · Selasa 03 Oktober 2017 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 03 65 1787707 keren-puluhan-mahasiswa-di-surabaya-ini-bikin-mobil-listrik-move-on-BEXMPAhH7P.jpg Mobil listrik PENS. Foto: Antara Jatim

SURABAYA - Presiden Joko Widodo belum lama ini mengutarakan keinginannya untuk memproduksi mobil listrik karya anak bangsa secara massal. Oleh sebab itu, banyak perguruan tinggi yang berlomba-lomba yang menciptakan inovasi berupa mobil listrik. Salah satunya politeknik di Surabaya ini.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) baru saja meluncurkan mobil listrik generasi ke-6 dengan konsep Small City Car atau Smart Vi yang diberi nama Move On.

Dosen pembimbing mobil listrik Smart Vi PENS Dr Era Purwanto mengatakan, mobil listrik yang mengadopsi konsep city car dengan kapasitas kursi untuk empat orang itu ia kerjakan bersama dengan lima rekan dosen dan 20 mahasiswa.

 Baca juga: Mantap! 4 Kampus Dipilih untuk Produksi Massal Mobil Listrik Nasional

"Keistimewaan dalam mobil listrik ini menggunakan satu motor induksi tiga phasa untuk menggerakkan mobil sebagai pengganti motor DC yang kebanyakan dipakai saat ini," kata Purwanto baru-baru ini.

Selain itu, kelebihan lainnya yakni kontrol mobil yang dapat diprogram dengan beberapa variabel algoritma. "Misalnya FOC (Field Orientasi Control), DTC (Direct Torque Control), Space Vector Control dan masih banyak lagi," sambungnya.

Menurut dia, inovasi mobil listrik karya puluhan mahasiswanya tersebut merupakan salah satu solusi atas krisis energi dan polusi. Pasalnya, Smart Vi tersebut menggunakan bahan bakar berupa sejumlah baterai.

 Baca juga: Instruksi Jokowi soal Mobil Listrik: Itu Harus Kita Hitung, Harus Kita Lihat!

"Untuk charging, masih proses pengembangan ke auto charging, bisa seperti power supply swiching dengan frekuensi tinggi. Bahkan, bisa juga diseting masing-masing, tergantung sumber input charging. Jadi ketika posisi charging, bisa menggunakan listrik bisa juga solar panel," jelasnya.

Ia menyatakan, pembuatan mobil listrik tersebut juga merupakan bagian mendukung gagasan pemerintah dalam mewujudkan Green Energy Transportation. Sebab, menurut dia, mobilnya tersebut layak diproduksi massal. Ia menyebut, bila Smart Vi sampai diproduksi massal, harganya berada di kisaran Rp80-90 juta per unit. 

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini