Share

Motivasi Mahasiswa Buka Usaha, Kopertis Akan Buat Entrepreneurship Award

Agregasi Antara, · Jum'at 26 Mei 2017 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 26 65 1700495 motivasi-mahasiswa-buka-usaha-kopertis-akan-buat-entrepreunership-award-mDJhyfzlqa.jpg Mahasiswa (Foto: Okezone)

PADANG - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau akan menghadirkan kompetisi sekaligus penghargaan wirausahawan tingkat kampus guna memotivasi mahasiswa membuka usaha.

"Kami sedang menggarap 'Entrepreneurship Award' sebagai langkah menekan pengangguran lulusan sarjana," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang, Jumat (26/5/2017).

Dia menyebutkan kompetisi ini akan mengundang mahasiswa yang memiliki usaha atau rencana di kampus swasta yang ada di bawah pengawasan Kopertis X.

Para mahasiswa diberikan kesempatan menampilkan pemikiran dan kreativitas usaha yang kemudian disaring dan diberi penghargaan sesuai capaian prestasi.

Kompetisi ini dibuka untuk semua kampus swasta yang ada. "Selain menggelar penghargaan, akan diperkuat juga pengadaan kuliah kewirausahaan oleh kampus," sebut dia.

Kuliah kewirausahaan ini katanya memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Salah satunya mengubah orientasi selepas lulus menjadi pegawai negeri.

Dengan kedatangan berbagai narasumber kuliah dari berbagai keahlian dan kepakaran bidang ekonomi membuka pemikiran dan memunculkan keinginan mahasiswa untuk berkreasi.

"Justru mahasiswa akan lebih baik membuka lapangan kerja dibanding berharap bekerja namun hasilnya nihil," sebut dia. (sus)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini