Share

Wah, Perpustakaan Ini Temukan Cetakan Buku Pertama di Inggris

Afriani Susanti , Okezone · Senin 22 Mei 2017 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 19 65 1695226 wah-perpustakaan-ini-temukan-cetakan-buku-pertama-di-inggris-PfWpibzzSw.jpg Foto: Independent

INGGRIS - University of Reading telah menemukan sebuah halaman dari buku yang pertama kali di cetak di Inggris pada abad ke-15. Halaman dari buku teks tersebut dicetak pada sekira tahun 1476 dan 1477. Di mana halaman tersebut ditemukan di University’s Archives by Special Collections Librarian Erika Delbecque.

Seperti dinukil dari laman The Independent, halaman tersebut dicetak oleh English Printer William Caxton. Dua halaman tersebut dihargai sekira 100.000 poundsterling.

“Ini merupakan satu-satunya item yang diawetkan hingga bisa bertahan. Ini menjadi bukti dari buku Mediaeval Caxton,” ungkap Delbecque.

“Kami mengerti bahwa buku tersebut telah diselamatkan oleh seorang perpustakawan di University of Cambridge pada 1820. Dan tidak menyangka jika itu asli dari Caxton,” jelasnya.

Pihak perpustakaan mengatakan bahwa cetakan pada halaman tersebut benar-benar menandakan adanya percetakan di awal-awal di Western Europe. Keseluruhan buku tersebut memiliki 160 halaman yang panjang dan diproduksi oleh Westminster sebelum akhirnya di reformasi.

Halaman ini nantinya akan ditunjukkan kepada publik pada 30 Mei mendatang. Dimana halaman tersebut akan dipamerkan di University’s Special Collections Departement.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini