Share

Universitas Tertua di Dunia Lahir di Italia

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Sabtu 21 Maret 2015 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 21 65 1122062 universitas-tertua-di-dunia-lahir-di-italia-LDObUi1usw.jpg Italia menjadi negara kelahiran universitas tertua di dunia. (Ilustrasi: shutterstock)

JAKARTA - Minat masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan di luar negeri sangat tinggi. Maka, siswa yang baru lulus maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya baik melalui jalur beasiswa maupun biaya sendiri ke luar negeri semakin meningkat.

Buat kalian yang ingin berkuliah di luar negeri, ada baiknya mengetahui sejarah-sejarah universitas yang ada di sejumlah negara tujuan. Berikut ini bagian kedua dari 10 universitas tertua di dunia yang terus beroperasi hingga saat ini, seperti dilansir Wonderslist, Sabtu (21/3/2015).

6. University of Padua, Italia

Kampus yang didirikan oleh para sarjana dan profesor setelah meninggalkan University of Bologna, Italia pada 5 Juni 1222 itu merupakan sebuah sekolah hukum dan salah satu universitas paling terkemuka di awal Eropa modern. Kampus ini merupakan universitas tertua kedua di Italia. Pada 2010, University of Padua tersebut memiliki sekira 65 ribu mahasiswa.

7. University of Naples Federico II, Italia

Kampus yang terletak di Naples, Italia itu didirikan pada 1224 dan memiliki 13 fakultas. Universitas ini dinamai sesuai nama pendirinya yaitu Frederick II. Salah satu mahasiswa yang paling terkenal dari universitas ini adalah teolog Katolik Roma dan filsuf Thomas Aquinas.

8. University of Toulouse, Prancis

Universitas ini merupakan konsorsium universitas-universitas di Prancis. Pada hitungan Raymond VII sebagai bagian dari Perjanjian Paris pada 1229 mengakhiri perang salib melawan Albigensia, maka didirikanlah University of Toulouse ini. Salah satu pendirinya adalah Uskup Foulques de Toulouse.

9. University of Siena, Italia

Universitas yang terletak di Arezzo, Italia, itu merupakan salah satu universitas tertua dan kampus pertama yang didanai publik di Italia. Awalnya bernama Studium Senese. Universitas yang didirikan pada 1240 itu memiliki sekira 20 ribu mahasiswa pada 2006, hampir setengah dari total penduduk Siena yaitu sekira 54 ribu. University of Siena terkenal dengan fakultas hukum dan kedokteran.

10. University of Valladolid, Spanyol

Kampus yang terletak di Kota Valladolid, di daerah otonom Castile-Leon, Spanyol itu saat ini memiliki 31.780 mahasiswa dan lebih dari 2.000 dosen. Pada posisi 10 di antara universitas tertua di dunia, University of Valladolid didirikan pada 1241 sebagai penghapusan studi di Universitas Palencia yang didirikan oleh Alfonso VIII dari Kastilia antara 1208-1212.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini