Share

Universitas Tertua di Dunia Bukan Oxford

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Sabtu 21 Maret 2015 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 21 65 1122059 universitas-tertua-di-dunia-bukan-oxford-IotbrmDuUg.jpg University of Bologna, Italia, dinobatkan sebagai perguruan tinggi tertua di dunia. (foto: wikimedia)

JAKARTA - Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti komunitas guru dan akademisi. Istilah itu lahir saat Universitas Italia Bologna berdiri pada 1088.

Kampus tersebut dianggap sebagai universitas pertama di dunia. Tak hanya itu, masih banyak kampus tua di dunia lainnya yang memiliki sejarah dan trennya masing-masing.

Berikut ini bagian pertama dari 10 universitas tertua di dunia yang terus beroperasi hingga saat ini, seperti dilansir dari Wonderslist, Sabtu (21/3/2015).

1. University of Bologna, Italia

Kampus yang terletak di Bologna, Italia itu didirikan pada 1088 dan dinobatkan sebagai kampus yang paling awal atau pertama di dunia beradab. Perguruan tinggi ini juga memiliki pusat cabang di Imola, Ravenna, Forlì, Cesena dan Rimini serta pusat cabang luar negeri di Buenos Aires.

2. University of Paris, Prancis

Didirikan pada pertengahan abad ke-12 dan secara resmi diakui sebagai universitas yang didirikan pada 1150. Universitas tersebut sering disebut sebagai Sorbonne atau La Sorbonne setelah lembaga perguruan tinggi atau College de Sorbonne didirikan pada 1257 oleh Robert de Sorbon. University of Paris sempat terbakar pada 1670.

 

3. University of Oxford, Inggris

Diklaim sebagai universitas tertua di dunia, namun tidak ada tanggal yang jelas mengenai pendirian University of Oxford. Tetapi kegiatan pembelajaran yang pernah ada di Oxford dimulai pada 1096 dan berkembang pesat sejak 1167 ketika pangeran Henry II melarang para pelajar Inggris hadir di Universitas Paris.

Pembelajaran sempat ditunda pada 1209 karena terjadi konflik akibat eksekusi terhadap dua orang mahasiswa dan pada 1355 karena terjadi kerusuhan St. Scholastica, serta terus berlanjut selama perang sipil Inggris pada 1642 hingga 1651. University of Oxford juga menjadi museum sejarah alam.

4. University of Cambridge, Inggris

Salah satu universitas tertua di dunia ini didirikan oleh para sarjana yang meninggalkan University of Oxford setelah sengketa yang disebabkan oleh eksekusi dua ulama pada 1209, dan piagam kerajaan diberikan pada 1231.

Universitas yang secara resmi didirikan pada 1209 itu merupakan sebuah universitas riset publik yang terletak di Cambridge, Inggris. Universitas ini merupakan kampus tertua kedua di dunia berbahasa Inggris setelah University of Oxford.

Kedua universitas kuno tersebut memiliki fitur-fitur umum dan sering disebut sebagai Oxbridge. Selain asosiasi budaya dan praktis sebagai bagian bersejarah masyarakat Inggris, mereka memiliki sejarah panjang persaingan satu sama lain.

5. University of Salamanca, Spanyol

University of Salamanca merupakan lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Kota Salamanca sebelah barat dari Madrid. Universitas yang lahir pada 1218 ini menjadi tertua pertama di Spanyol dan tertua ketiga di Eropa yang masih beroperasi hingga saat ini. (bersambung)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini