Share

Siswa SD Buat Alat Canggih Pencegah Kebakaran

Iradhatie Wurinanda, · Sabtu 17 September 2016 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 16 65 1491255 siswa-sd-buat-alat-canggih-pencegah-kebakaran-TBoWNGHmHv.jpg (Foto: Dok. WCNC)

JAKARTA – Berawal dari melihat kebakaran yang terjadi di dekat tempat tinggalnya, seorang siswa kelas VI SD berhasil menciptakan alat canggih untuk mencegah peristiwa itu. Peneliti cilik tersebut bernama Kai Hatten, salah satu siswa di White Pine Elementary School, Boise, Amerika Serikat (AS).

Kai menciptakan alat canggih untuk memadamkan api unggun. Alatnya berupa saluran yang tahan bakar. Terdapat empat sensor yang diletakkan pada saluran tersebut.

Ia mengatakan, awalnya inovasi tersebut hanya berupa ide biasa. "Ini hanya sebuah ide lama, tetapi akhirnya menjadi seperti ini," tuturnya, seperti dikutip dari WCNC, Sabtu (17/9/2016).

Saluran tersebut memiliki empat lubang yang mengarah ke api. Selain itu, saluran juga terhubung pada sebuah tabung pemadam api kimia kering.

"Sehingga ketika detektor panas hidup akan mengaktifasi lapisan paralel dan alat pemadam. Nanti alat pemadam akan menyemprotkan bahan untuk memdamkan api," ucapnya.

Guru dari Kai, Maria Manning Floch, mengatakan setiap tahun siswa mengikuti kompetisi inovasi. Dari keikutsertaan siswanya, karya Kai inilah yang mampu memperoleh prestasi terbaik, yakni mendapat juara I pada kompetisi sains nasional di Washington DC.

"Ini hanyalah proses identifikasi masalah dan bagaimana menemukan solusinya. Jika sejak dini mereka dilatih, maka akan timbul keinginan untuk berinovasi," sebutnya.

Dia pun bangga terhadap capaian Kai. Maria menuturkan, Kai memberi gambaran bahwa anak-anak juga dapat memikirkan masalah yang terjadi secara nyata hingga menemukan penyelesaiannya.

Saat ini Kai sendiri tengah mempertimbangkan untuk mematenkan inovasi alat pemadam kebakaran ciptaannya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini