Share

Mahasiswa Ciptakan Alat Canggih Cegah Boros Listrik

Iradhatie Wurinanda, · Kamis 18 Agustus 2016 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 17 65 1466162 mahasiswa-ciptakan-alat-canggih-cegah-boros-listrik-rX9yyhIvJF.jpg Sistem monitoring pengendali peralatan listrik jarak jauh. (Foto: Dok. Pimnas)

JAKARTA - Inovasi yang diciptakan mahasiswa dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 mampu memberikan solusi untuk masalah sehari-hari. Salah satunya adalah karya mahasiswa dari Politeknik Negeri Jakarta. Tim yang terdiri atas Tiara Kartika Septiani, Angga Nur Aris, Rinaldi Dwisalam, dan Siti Nuramanah itu menciptakan sistem monitoring dan pengendali peralatan listrik di rumah.

Ide membuat sistem monitoring listrik dilatarbelakangi oleh masyarakat yang kerap lupa mematikan alat-alat elektronik di rumah. Padahal, kecerobohan tersebut dapat menimbulkan pemborosan dan melonjaknya biaya tagihan listrik.

Cara kerja alat ini sendiri dilakukan secara jarak jauh. Pengguna tinggal menekan tombol on atau off yang dapat diakses melalui laman http://http://www.geeknesia.com/ sesuai peralatan listrik yang ingin dikendalikan atau dengan mengirimkan pesan singkat (SMS) sesuai kode peralatan listrik yang juga ingin dikendalikan.

Selain mudah dan praktis untuk mengendalikan listrik di rumah, alat ini juga mendukung program pemerintah untuk hemat energi. Alat ini dapat memantau dan mengendalikan 11 peralatan listrik secara real time.

Menurut Tiara, timnya sengaja memilih metode pengendalian melalui laman dan SMS. Pasalnya, masyarakat desa belum tentu terjangkau oleh internet.

"Kami berharap alat ini selain dapat membantu masyarakat untuk melakukan penghematan biaya listrik juga bisa menjadi solusi dari masalah kurang meratanya distribusi listrik di Indonesia," ucapnya dilansir dari laman Pimnas 2016, Kamis (18/8/2016). (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini