Share

460 Tim PKM Bertarung di Pimnas 2016

Iradhatie Wurinanda, · Senin 08 Agustus 2016 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 08 65 1457965 460-tim-pkm-bertarung-di-pimnas-2016-UtA3y3f2FA.jpg Foto: Ist

JAKARTA – Setiap tahun Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) selalu menjadi ajang unjuk gigi bagi mahasiswa terhadap karya yang diciptakan. Tahun ini, 460 tim program kreativitas mahasiswa (PKM) dari 145 perguruan tinggi turut berpartisipasi pada Pimnas ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Mengusung tema 'Dengan Semangat Kebersamaan dan Persatuan, Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif untuk Kejayaan Bangsa', Pimnas 2016 juga melibatkan 300 pendukung kontingen dan 1.250 panitia. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB sekaligus Ketua Panitia Pimnas ke-29, Profesor Dr Yonny Koesmaryono, mengatakan ajang ini juga menjadi forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi serta sarana silaturahmi antarmahasiswa di Indonesia.

"Pimnas ke-29 diharapkan dapat memberi warna penyelenggaraan Pimnas yang tidak hanya bernuansa kompetisi yang adil, namun juga menekankan pada persatuan dan kebersamaan," ujarnya, mengutip dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (8/8/2016).

Yoni menjelaskan, para peserta nantinya dibagi dalam 22 kelas presentasi yang meliputi enam kelas PKM penelitian eksakta, dua kelas PKM penelitian sosial humaniora, empat kelas PKM kewirausahaan, empat kelas PKM pengabdian kepada masyarakat, empat kelas PKM karsa cipta, satu kelas PKM penerapan teknologi, dan satu kelas PKM gagasan tertulis.

Selain presentasi dan pameran poster-produk PKM, lanjut dia, acara juga akan dilengkapi dengan kegiatan sarasehan pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan, studium general, Pimnas Investment Summit, social gathering, aksi peduli lingkungan, SMA Goes to Pimnas, olahraga bersama, bazar, serta city tour.

Sedangkan Rektor IPB Profesor Dr Herry Suhardiyanto berharap Pimnas 2016 dapat menghasilkan berbagai karya mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan solutif untuk berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Saya berharap Pimnas ke-29 akan menjadi tonggak sejarah penyempurnaan sistem penyelenggaraan PKM dan Pimnas untuk mewujudkan PKM dan Pimnas yang lebih baik," tambahnya. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini