Share

Kemeriahan Pembukaan Pimnas 2016 di IPB

Iradhatie Wurinanda, · Selasa 09 Agustus 2016 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 09 65 1458701 kemeriahan-pembukaan-pimnas-2016-di-ipb-fPrscM4vAp.jpg Menristekdikti membuka PImnas ke-29 di IPB. (Foto: Instagram Pimnas 29)

BOGOR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor semalam tak menghalangi ratusan kontingen dari berbagai kampus di seluruh Indonesia untuk berkumpul di Graha Widya Wisuda (GWW) Institut Pertanian Bogor (IPB). Mewakili almamaternya masing-masing, mereka mengikuti acara pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29.

Acara tahunan tersebut langsung dibuka oleh Menteri Riset,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir. Menurut dia, peserta Pimnas kali ini adalah yang terbanyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini, terdapat 460 tim program kreativitas mahasiswa (PKM) dari 145 perguruan tinggi menjadi peserta dalam Pimnas ke-29. Jumlah peserta ini meningkat dan yang terbanyak," ujarnya saat memberi sambutan di hadapan para peserta dan dosen.

Nasir menjelaskan, ajang Pimnas juga bertepatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas). Sehingga, hal ini diharapkan mampu menjadi semangat untuk para mahasiswa berinovasi dan berkreasi dengan berbasis pada riset.

"Pimnas adalah ajang yang harus dilakukan untuk mencari bibit unggul untuk menghadapi daya saing bangsa. Saya harap pelaksanaan Pimnas yang digelar di IPB ini lancar," ucapnya.

Selain dibuka dan dihadiri oleh beberapa pejabat, acara pembukaan Pimnas ke-29 juga dimeriahkan dengan beragam pementasan yang membuat suasana semakin meriah. Para peserta dari masing-masing kampus juga turut meramaikan acara dengan jargon-jargon dan tepuk tangan membahana.

Pada kesempatan itu, juara umum Pimnas ke-28, yakni Universitas Brawijaya (UB) menyerahkan piala Adhikarta Kertawidya kepada pihak penyelenggara yang diterima oleh Ketua Panitia Pimnas ke-29, Prof Dr Yonny Koesmaryono. Hal tersebut menandai dibukanya adu inovasi antarkampus yang akan dihelat selama empat hari ke depan. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini